3 Langkah Mudah untuk Desain Dapur Ideal

  • Rabu, 13 September 2017 16:30 WIB

(Ilustrasi foto) Dapur ideal | dok. homebnc

iDEAonline – Desain dapur harus dipikirkan secara cermat agar menghasilkan suasana nyaman dan ideal bagi penghuninya. Terlebih lagi, harus memikirkan ukuran dapur yang diperlukan. Hal tersebut akan mengacu kepada layout dapur dan arus pergerakan orang (traffic flow).

Selain itu, yang harus dipikirkan juga adalah segitiga kerja di dapur. Ini merupakan pola aktivitas utama di dapur, yang berbeda-beda, tetapi saling berhubungan. Pencahayaan dan sirkulasi udara juga penting diperhatikan. Setelahnya, yang dibutuhkan adalah tiga langkah mudah ini untuk mendesain dapur ideal.

1. Countertops

Fokus awal dalam desain dapur ideal adalah memperhatikan countertops atau meja dapur. Perhatikan pemilihan material untuk meja dapur Anda. Menurut desain interior, Steve Justrich, granit atau komposit, kayu alami, seng, dan baja anti-karat direkomendasikan untuk countertops. Selain itu, jika meginginkan bahan yang ringan untuk meja dapur, pilih material yang halus dan reflektif. Ubin dengan format besar atau lempengan batu akan meminimalisasi garis ampas dan membuat permukaan meja lebih halus dan mudah dibersihkan.

2. Kabinet

Arsitek Thomas Ahmann berkata bahwa kabinet merupakan wajah dapur. "Kabinet adalah wajah yang paling terlihat di dapur Anda. Kabinet di tembok, khususnya, akan menjadi daya tarik mata Anda di dapur," ujarnya seperti yang dilansir houzz.com. Penggunaan material yang sederhana dan senatural mungkin dipilih oleh desainer Robert Kelly seperti batu dan kayu. Lalu, Kelly juga menyarankan kabinet dengan warna cerah bisa menjadikan ruangan lebih terbuka dan terang.

3. Penyelesaian tambahan

Penyelesaian tambahan di sini dimaksudkan dalam memilih palet warna untuk desain dapur Anda. Seperti yang disarankan oleh desain interior, Steve Justrich, "Jika counter bernuansa gelap, pilih backsplash (panel di belakang kompor atau tempat cuci piring) dengan warna yang lebih terang. Pendekatan monokrom juga bagus, tetapi jika countertop sudah "aktif", buat backsplash lebih kalem."

Tiga langkah mudah untuk desain dapur ideal siap diaplikasikan di hunian Anda. Selamat mencoba, iDEA Lovers!

Sumber: houzz.com

Reporter : Sabrina Alisa
Editor : Sabrina Alisa

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×