6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pembersih Alami Lho!

  • Minggu, 18 Maret 2018 10:00 WIB

obly.com | obly.com

Penulis Nurul Hardiyanti 

iDEAonline - Untuk membersihkan rumah, biasanya kita selalu mengandalkan pembersih dengan hasil yang ampuh. Namun, seringkali luput perhatian adalah komposisi bahan kimia pada pembersih tersebut. Aman kah bagi tubuh?

Jika ragu, mengapa tidak mencobanya dengan bahan alami? Coba yuk dengan cara alami, tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Semua bahan-bahan yang digunakan bisa didapat di dapur kita lho!

Saus tomat untuk membersihkan oven. 

undefined
Foto: pixabay.com
Jika noda membandel terbakar di oven, kecilkan oven hingga suhu rendah. Lalu, taruh saus tomat pada noda, gosok, dan diamkan selama 5 menit. Kita juga bisa menggunakan saus tomat untuk mengembalikan vas tembaga dengan mengoleskan saus tomat tipis-tipis, lalu cuci, dan keringkan.

Aluminium foil untuk membersihkan perak. 

undefined
Foto: hgtv.com
Untuk perak yang ternoda, ambil 1 liter air, 1 sdm baking soda dan satu potongan aluminium foil, lalu didihkan. Masukkan benda perak dalam panci selama 10 detik (lebih lama jika ada tambahan noda), kemudian keluarkan dengan penjepit. Lihat sendiri hasilnya! Kita juga dapat membuat bola-bola dari aluminium foil untuk menggosokkan panci alumunium.

Soda alami membersihkan sampah. 

undefined
Foto: pixabay.com
Jika pembuangan sampah pada tempat cucian piring tersumbat, tuangkan soda dalam suhu kamar. Tunggu sampai berhenti mendesis, lalu bilas dengan air panas. Asam fosfat dalam soda dapat menghapus sampah yang menempel. Kita juga bisa menggunakan air soda tersebut untuk membersihkan kaca depan mobil.

Kulit jeruk membersihkan tempat air. 

undefined
Foto: pixabay.com

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Bayu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×