Biar Enggak Berantakan, Yuk Belajar Seni Menata Meja!

  • Rabu, 7 Juni 2017 11:00 WIB

Menata meja ternyata ada seninya. | Dok idea

iDEAonline – Rumah-rumah yang diliput majalah atau TV memang sering bikin iri. Semua bagian rumah tampak tertata rapi, termasuk di atas mejanya.

Sebenarnya, meja yang tampil seperti itu bukannya tidak disengaja. Semua sudah ditata dengan sedemikian rupa. Mau tahu caranya?

Di dunia desain interior ada yang disebut dengan istilah vignette atau tablescape. Intinya adalah menata meja atau apapun yang berpermukaan datar menjadi lebih memesona hanya dengan mengatur letak sekelompok benda di atasnya.

Vignette akan optimal jika diterapkan pada furnitur yang sering terlihat, terutama oleh tamu yang berkunjung. Contohnya meja kopi, konsol, kredensa, rak buku, bahkan nakas.

Barang-barang yang ditata pun tidak ada yang aneh. Sebagian besar merupakan aksesori ruang yang sudah umum dimiliki.

Contohnya lukisan, bingkai foto, rangkaian bunga, pot tanaman, tempat lilin, buku, nampan, cangkir, juga pernak-pernik kecil lainnya.

Banyaknya benda pribadi yang dapat digunakan membuat vignette merupakan cara jitu menunjukkan personal statement atau siapa si pemilik rumah.

Jika ada beberapa aksesori yang identik dalam sebuah kelompok, pastikan jumlahnya ganjil, misalnya 3 atau 5. Secara psikologis, jumlah ini terasa lebih luwes.

Tentu vignette di atas meja perlu dibersihkan dari debu. Sebelum dibersihkan, foto dulu tatanan itu agar Anda dapat mengembalikannya ke posisi semula.

Cara menata benda aksesori tersebut dapat dibaca di sini!

Reporter : Fransisca Wungu
Editor : Maulina Kadiranti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×