Dekorasi Lebaran Hemat: Menata Ulang Aksesori Lama

  • Rabu, 7 Juni 2017 12:15 WIB

Variasikan ketinggian aksesori agar tidak monoton. | IKEA

iDEAonline – Menyambut Lebaran, ruang-ruang di rumah butuh dihias agar tampil cantik.

Ruang-ruang yang terlihat cantik tidak selamanya berisi barang-barang bagus dan mahal.

Sebagian besar pemiliknya hanya sukses menata barang-barang di dalamnya agar tampak lebih enak dipandang.

Dengan memanfaatkan benda yang sudah ada, hampir tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk dekorasi ini. Hemat banget, kan?

Jika terpaksa membeli baru, bisa berupa aksesori yang sifatnya musiman, misalnya hiasan berbentuk ketupat dalam rangka Idul Fitri. Ini pun dapat digunakan lagi tahun depan.

Agar tatanan ini tampak seperti dekorasi yang disengaja, dan bukan malah dianggap barang berantakan, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Tentukan mana benda yang menjadi “bintang”. Biasanya yang menjadi pusat perhatian adalah benda yang ukurannya besar atau warnanya mencolok.

2. Buat tema yang mengaitkan semua benda dalam kelompoknya. Misalnya, tema laut, alam, atau travel. Bisa juga sebuah warna dipilih sebagai “pengikat” benda-benda tersebut.

3. Variasikan ketinggian benda agar tidak monoton. Pernik kecil dapat diletakkan di atas tumpukan buku atau kotak agar tampil lebih tinggi.

4. Ciptakan layer atau lapisan. Pilih mana benda yang berfungsi sebagai latar belakang, tengah, atau paling depan. Pastikan benda-benda itu tidak saling menutupi.

5. Tempatkan benda-benda itu berdekatan, jika perlu ada yang bersentuhan. Jika letaknya terlalu tersebar, akan timbul kesan berantakan.

Siap menata ulang aksesori lama? Selamat menyambut Lebaran dengan suasana baru!

Reporter : Fransisca Wungu
Editor : Maulina Kadiranti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×