Ini Cara Mendapatkan Ruang Ekstra di Kamar Anak

  • Sabtu, 20 Mei 2017 19:00 WIB

Walaupun di ruang terbatas, semua kebutuhan aktivitas anak terpenuhi di kamar ini. | Adeline Krisanti

iDEAonline – Hunian di apartemen seringkali dicap sebagai tempat yang kurang ideal bagi anak untuk bertumbuh kembang. Ketiadaan halaman dan luas ruang yang terbatas menjadi beberapa alasannya.

Desainer interior unit apartemen ini, Diana Pratiwi dari Citra Duta Artistry, menjawab tantangan soal keterbatasan ruang tersebut.

Kamar yang ukurannya 2,5 m x 3 m ini dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan anak lelaki usia Sekolah Dasar, termasuk beristirahat, bermain, dan belajar.

Kiatnya, ia tidak saja mengolah ruang secara mendatar, tetapi juga memanfaatkan ruang secara vertikal.

Tempat tidur lantas “ditumpuk” di atas meja belajar dan lemari pakaian. Dengan furnitur yang dibuat sesuai pesanan, tidak ada sejengkal ruang pun yang disia-siakan.

Yang menarik, di sisi ruang yang tersisa, dibuatkan undakan yang dapat dipanjat anak menuju tempat tidur. Pada undakan ini dibuat kotak-kotak penyimpanan mainan, agar ruang termanfaatkan maksimal.

Pembagian yang tegas antara area istirahat dan area beraktivitas membuat anak lebih mudah berkonsentrasi. Saat tidur, ia pun tidak terganggu dengan melihat berbagai benda pendukung aktivitas bermainnya.  

 

 

Desain: Diana Pratiwi (Citra Duta Artistry)

Lokasi: Apartemen Gallery West, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

 

Reporter : Fransisca Wungu
Editor : Maulina Kadiranti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×