Inspirasi Desain Rumah Bali Modern yang Nyaman dan Cantik

  • Kamis, 11 Januari 2018 14:00 WIB

dok. somia design studio | dok. somia design studio

Penulis Selvia Martiani/Foto Somia Design Studio

iDEAonline – Widiadnyana, pemilik rumah sekaligus arsitek dari biro Somia Design Studio, dengan tegas menyematkan konsep arsitektur Bali di setiap jengkal desain rumahnya.

Hunian yang dibangun sejak Juni 2014 ini, ia beri nama Sujiva, yang dalam bahasa sansakerta berarti hidup yang nyaman.

undefined
dok. somia design studio

Dalam mendesain huniannya, Widi menggabungkan prinsip dasar rumah adat bali, asta kosala kosali, dengan gaya kontemporer arsitektur tropis. Bila dianalogikan, asta kosala kosali merupakan feng shui-nya masyarakat Bali.

undefined
dok. somia design studio

Asta kosala kosali ini mengatur tata cara, tata letak, dan tata bangunan untuk rumah tinggal atau tempat beribadah yang didasarkan pada Nawa Sanga—sembilan penguasa di setiap penjuru mata angin dengan Dewa Siwa sebagai titik pusatnya.

undefined
dok. somia design studio

Desain rumahnya dibuat dengan mengedepankan prinsip ergonomis. Pintu utama yang terbuat dari material kaca berbingkai kayu membuat pemandangan area luar dapat terlihat dengan begitu jelas.

undefined
dok. somia design studio

Ruang makan dan ruang keluarga dihadirkan dalam satu ruang tanpa sekat, membuat hunian ini tampak lebih luas dan lapang. Agar terkesan lebih homy, Widi menggunakan bata ekspos pada dinding ruangnya.

undefined
dok. somia design studio

Tak hanya menggabungkan asta kosala kosali dengan gaya kontemporer arsitektur tropis saja, Widi juga menggunakan material khas Bali untuk hunian sekaligus studio arsiteknya.

undefined
dok. somia design studio

Ya, Widi menggunakan batu bata khas Bali dan dibiarkan terekspos di beberapa sudut rumah.

Hasilnya? Tak hanya sukses menggabungkan 2 unsur yang berbeda – modern dan budaya, hunian pun tampil cantik dan nyaman. Setuju kan, iDEA Lovers?

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Sabrina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×