Mesin Cuci di Kamar Mandi? Aneh Tapi Efisien!

Oleh : Anissa Q. Aini
/ Selasa, 18 April 2017 Salah satu contoh penempatan mesin cuci, yang relatif "aneh" adalah menempatkannya di kamar mandi. Kepo? Yuk di sini.
Mesin Cuci di Kamar Mandi Aneh tapi Efisien

iDEAonline - Masalah timbul ketika rumah kita mungil dan tidak memungkinkan membuat ruang servis. Bahkan dapur pun sudah pas-pasan, rasanya tak mungkin menempatkan lagi mesin cuci di sana. Pada saat seperti inilah, kita harus memikirkan solusi, yang mungkin saja awalnya terasa "aneh," tapi nyatanya efektif.

Salah satu contoh penempatan mesin cuci, yang relatif "aneh" adalah menempatkannya di kamar mandi, seperti di foto ini. Kamar mandi ini berada di sebuah unit apartemen seluas kurang lebih 37 meter persegi. Terbayang, kan, betapa terbatasnya ruang yang dimiliki?

Akhirnya pilihan di mana menempatkan si mesin cuci jatuh pada kamar mandi. Alasan pertama, karena kamar mandi masih memiliki ruang untuk menampungnya. Lagi pula kamar mandi ini adalah kamar mandi kering, yang minim genangan dan cipratan air, jadi menempatkan peralatan listrik relatif aman. Kalau mau lebih aman lagi, buat "panggung" setinggi maksimal 5 cm, untuk menghindarkan mesin cuci tergenang air.

Alasan berikutnya adalah karena kegiatan mandi dan mencuci punya kaitan. Sebelum mandi, kita tentu melepas pakaian kotor, yang akhirnya pasti akan berakhir di mesin cuci. Jadi, pas dong menempatkan mesin cuci sekaligus keranjang pakaian kotor di kamar mandi.

Malah, bukan tidak mungkin mencuci sambil mandi. Sebelum mengguyur badan dengan air, cuci tumpukan pakaian. Sambil menunggu mesin cuci menggiling pakaian-pakaian kotor, mandilah kita. Tiga puluh menit kemudian, pakaian sudah siap dijemur. Terbukti, kan, biar "aneh" tapi efisien!

 

Foto: iDEA/ Richard Salampessy

 

Lokasi: Unit Contoh Apartemen Cosmo Terrace, Thamrin, Jakarta Pusat

Editor

Anissa Q. Aini

Artikel Terkait