Penting, 4 Tips Membersihkan Dapur Bisa Banget Kamu Lakukan di Rumah

  • Selasa, 12 September 2017 11:00 WIB

Penting 4 Tips Membersihkan Dapur Rumah Usai Lebaran

iDEAonline - Bila Anda belum memiliki waktu untuk beberes, mungkin ini saatnya Anda mulai bersih-bersih karena melihat jumlah tamu yang sudah berkurang.

Nah, berikut ini 4 tips bersih-bersih dapur rumah untuk Anda.

Membenahi meja makan

Selama libur Lebaran ini, pastilah meja makan menjadi pusat perhatian. Di atasnya, pasti berulangkali terhidang sajian makanan khas Lebaran yang menggugah selera. Tapi kini, setelah Lebaran usai, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi meja makan. Saatnya membersihkan permukaannya agar kembali cerah dan terhindar dari noda-noda selama liburan. Apalagi kalau meja makan Anda terbuat dari kayu, perawatan dan pembersihannya harus lebih intensif. Pastikan tidak tersisa noda-noda santan, saus, sirup di atas permukaannya.

Memoles peralatan dapur dari stainless steel

Jangan hanya berfokus kepada meja makan saja. Jangan lupakan peralatan dapur lainnya yang terbuat dari stainless steel seperti mungkin kulkas, bak pencuci piring, panci, dan oven. Tak hanya untuk peralatan dapur, gunakan perlengkapan pembersih  stainless steel untuk membersihkan area rumah lainnya yang memiliki material serupa seperti di kamar mandi.

Bersihkan perkakas material kaca

Selama Hari Raya Lebaran, tentu saja perangkat makan dan minum dari kaca paling banyak digunakan. Dikarenakan mempuyai fungsi ganda, sebagai wadah dan pemanis meja makan. Namun, kini waktunya untuk membersihkan semuanya dengan telaten dan teliti. Gunakan bahan yang halus untuk memoles peralatan makan dari kaca agar tidak pecah. Untuk mengeringkannya, letakkan dengan posisi terbalik agar seluruh kotoran yang tersisa jatuh ke bawah.

Menganginkan perlengkapan masak

Sebelum Lebaran, pastilah Anda sering menggunakan panci, ketel, wajan, pengukus, loyang, atau barang-barang perlengkapan dapur lainnya untuk membuat makanan khas Lebaran. Kini usai Lebaran, ada baiknya mengeluarkan semuanya dan mengangin-anginkan peralatan tersebut setelah digunakan berulangkali. Bersihkan satu per satu dengan lembut. Untuk peralatan dengan noda membandel, Anda bisa mencoba menggosokkan potongan jeruk nipis atau lemon. Bila wajan mulai berkarat, gunakan baking soda dengan air hangat untuk menggosoknya.

Reporter : Sabrina Alisa
Editor : Sabrina Alisa

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×