Penting! Tips Menata Dapur Agar Nyaman

  • Jumat, 19 Mei 2017 10:00 WIB

Penting! Tips Menata Dapur

iDEAonline - Pastilah dapur merupakan salah satu area di rumah yang memiliki banyak perabotan. Oleh karena itu, dibutukan keterampilan tertentu untuk menata dapur agar tak terlihat berantakan. Sehingga dapur pun terasa nyaman dan enak  dipandang.

Agar fungsi dapur menjadi lebih maksimal, Anda bisa menyimak tips menata dapur berikut ini.

1. Area peyimpanan

Sebaiknya ada memisahkan tempat penyimpan makanan menjadi dua. Yaitu, untuk makanan kering dan basah. Untuk bahan makanan yang kering tempatkan dalam kabinet. Sedangkan utuk bahan makanan yang bersifat besar sebaiknya di simpan dalam kulkas.

Adapun peralatan masak dan peralatan makan, karena sering digunakan, sebaiknya diletakkan pada rak gantung. Sedangkan untuk peralatan yang jarang digunakan, simpanlah di kabinet bagian bawah, termasuk peralatan yang bersih-bersih.

2. Area persiapan dan pencucian

Untuk mempersiapkan berbagai jenis bahan makanan yang ingin dimasak. Sebaiknya Anda menggunakan top table. Dengan menggunakan top table, proses masak menjadi lebih teratur dan terlihat rapi. Sedangkan untuk mencuci peralatan yang telah digunakan untuk masak dan makan, gunakanlah sink dan rak duduk. Keduanya sangat berguna untuk meletakkan perabot setelah pencucian.

3. Area pemasakan

Untuk urusan masak memasak, kompor adalah peralatan yang wajib ada di dapur. Untuk kompor, Anda bisa menggunakan kompor portable ataupun kompor tanam.

Agar dapur menjadi lebih nyaman ketika digunakan, Anda bisa menggunakan berbagai macam peralatan pelengkap, misalnya pengisap asap atau cooker hood.

Reporter : Devi F. Yuliwardhani
Editor : Devi F. Yuliwardhani

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×