Penting! Tips Menata Dapur Agar Nyaman

Oleh : Devi F. Yuliwardhani
/ Jumat, 19 Mei 2017 Anda merasa kesulitan untuk menata dapur agar terlihat rapi? Berikut beberapa tips menata dapur untuk Anda, agar dapur di rumah tetap rapi dan nyaman.
Penting! Tips Menata Dapur

iDEAonline - Pastilah dapur merupakan salah satu area di rumah yang memiliki banyak perabotan. Oleh karena itu, dibutukan keterampilan tertentu untuk menata dapur agar tak terlihat berantakan. Sehingga dapur pun terasa nyaman dan enak  dipandang.

Agar fungsi dapur menjadi lebih maksimal, Anda bisa menyimak tips menata dapur berikut ini.

1. Area peyimpanan

Sebaiknya ada memisahkan tempat penyimpan makanan menjadi dua. Yaitu, untuk makanan kering dan basah. Untuk bahan makanan yang kering tempatkan dalam kabinet. Sedangkan utuk bahan makanan yang bersifat besar sebaiknya di simpan dalam kulkas.

Adapun peralatan masak dan peralatan makan, karena sering digunakan, sebaiknya diletakkan pada rak gantung. Sedangkan untuk peralatan yang jarang digunakan, simpanlah di kabinet bagian bawah, termasuk peralatan yang bersih-bersih.

2. Area persiapan dan pencucian

Untuk mempersiapkan berbagai jenis bahan makanan yang ingin dimasak. Sebaiknya Anda menggunakan top table. Dengan menggunakan top table, proses masak menjadi lebih teratur dan terlihat rapi. Sedangkan untuk mencuci peralatan yang telah digunakan untuk masak dan makan, gunakanlah sink dan rak duduk. Keduanya sangat berguna untuk meletakkan perabot setelah pencucian.

3. Area pemasakan

Untuk urusan masak memasak, kompor adalah peralatan yang wajib ada di dapur. Untuk kompor, Anda bisa menggunakan kompor portable ataupun kompor tanam.

Agar dapur menjadi lebih nyaman ketika digunakan, Anda bisa menggunakan berbagai macam peralatan pelengkap, misalnya pengisap asap atau cooker hood.

Selain tiga hal di atas, ada beberapa hal yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Diantaranya kompor diletakkan dengan jarak minimal 30 cm dari jendela.

Hal tersebut dikarenakan angin yang berhembus akan meniup api kompor. Lalu, Anda juga perlu memberi jarak antara dinding dan kulkas, untuk pendingin kondensator kulkas. Selain itu, agar kulkas dapat dibuka dengan maksimal.

Terakhir, agar proses memasak tidak terganggu, jangan meletakkan kompor dekat dengan bak cuci karena percikan air akan mengenai kompor.

 

Editor

Devi F. Yuliwardhani

Artikel Terkait