Siasat Menata Dapur Sempit Terkesan Lega

Reporter : Hamzah Al Rasyid
Editor : Maulina Kadiranti

Siasat Menata Dapur Sempit Terkesan Lega

iDEAonline.co.id - Ungkapan 'ukuran adalah segalanya' tidak bisa diterapkan di dalam dapur. Anda tidak membutuhkan ruang besar di dalam dapur untuk membuat ruang tersebut berfungsi dengan baik dan nyaman. Jika masih ragu, ada cara mudah membuat dapur mungil jauh lebih nyaman dan fungsional. Berikut ini contoh cara menyiasati ruang dapur sempit.

Sebelum mulai membuat dapur mungil Anda lebih efektif, yakinlah dahulu bahwa bagaimana pun bentuk, ukuran dapur, dan peralatan dapur, semua itu baik adanya. Seorang chef terkenal Mario Batali pernah mengatakan, "Hanya yang tidak bisa memasak akan menyalahkan peralatan masak. Saya bisa membuat semua masakan di restoran saya dengan pemanggang listrik tidak bagus dan oven biasa."

Pertama-tama, cobalah menemukan tempat untuk semua barang Anda di dapur. Hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang berukuran terbatas menjadi efisien adalah menjaga kerapihan.

Kedua, bukalah pikiran dan beri kesempatan agar "pakem" yang selama ini Anda gunakan untuk menata dapur bisa diubah. Misalnya, lepaskan pintu lemari dapur dan biarkan isi lemari dapat terlihat dengan mudah. Jika enggan membiarkan lemari dapur terbuka, gunakan pintu kaca.

Ketiga, ciptakan kohesi untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Tumpukan barang, termasuk piring, membuat dapur Anda tampak penuh. Solusinya, cat dinding dengan warna putih, dan gunakan piring berwarna putih pula. Piring yang menumpuk akan tampak "menghilang" dan membuat dapur terasa lebih rapih, lebih luas.

Sumber: properti.kompas.com

Sumber foto: depotkitchen.com

Reporter : Hamzah Al Rasyid
Editor : Maulina Kadiranti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×