Ulik Kamar Mandi Berbentuk Aneh, Yuk!

  • Rabu, 12 Juni 2013 12:30 WIB

Ulik Kamar Mandi Berbentuk Aneh Yuk

Jika Anda memiliki kamar mandi berbentuk aneh, Anda harus bekerja lebih keras agar kelihatan lebih ringan, terbuka, dan lapang. Anda mungkin harus banyak menangani atap yang rendah atau melandai. Juga tembok yang miring, banyak sudut, dan ruang-ruang terpisah. Ruangan ini memberikan tantangan yang besar, tapi hasil akhirnya tidak harus berupa kamar mandi yang kelihatan aneh.

Kalau Anda memiliki langit-langit yang melandai, atur perlengkapan Anda agar sesuai. Tempatkan shower dan wastafel pada bagian yang tinggi di ruangan di mana Anda harus berdiri tegak. Posisikan bagian kaki pada bath tub di mana langit-langitnya pendek, tempatkan bath tub pada lekukannya. Walaupun langit-langit yang melandai menciptakan ruangan yang berbentuk aneh, kondisi ini tetap memiliki potensi besar untuk mendapat cahaya alami dengan memasang atap kaca (skylight). Atap kaca menarik lima kali cahaya lebih banyak daripada jendela berukuran sama. Arahkan cahaya lampu ke langit-langit untuk meningkatkan kesan tinggi di ruangan, dan hindari penggunaan lampu gantung karena berbahaya.

Kamar mandi dengan langit-langit landai biasanya cukup kecil. Kompensasikan dengan warna lembut terang atau warna netral untuk membuka ruangan.  Kadang sulit untuk memutuskan di mana bagian dinding berakhir dan bagian atap dimulai. Jika ini yang terjadi, Anda mungkin terpaksa menggunakan warna sama untuk seluruh ruangan. Pasang cermin pada sudut yang strategis untuk meningkatkan kesan lapang. Gunakan cermin dan tile mengilat untuk membuka cerukan yang aneh.

Cermatlah saat membuat rencana dan mamanfaatkan bentuk aneh untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Pertimbangkan untuk memasang shower walk-in berukuran besar atau unit tempat penyimpanan built-in pada sudut yang sulit atau cerukan yang besar.

Foto : Dok.iDEA

Sumber : iDEA Books, Kiat Menata Kamar Mandi

Reporter : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)
Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×