Yuk, Pahami Variasi Pola untuk Dekorasi Rumah Anda

  • Minggu, 31 Desember 2017 16:00 WIB

Yuk Pahami Variasi Pola untuk Dekorasi Rumah Anda

iDEAonline –  Seperti halnya warna, pola memiliki banyak fungsi. Selain bisa menjadi titik fokus, pola juga dapat mengubah tampilan dimensi suatu ruang. Pelapis dinding berpola dapat melunakkan bagian-bagian sudut. Anda juga dapat menyamarkan bentuk aneh dari suatu ruang atau menutupi dinding yang tidak rata.

Banyaknya manfaat dari sebuah pola, jangan lupa bahwa pola memiliki variasi pilihan yang mesti diperhatikan. Ada pola yang statis dan ada pula yang dinamis. Pola statis merupakan pola yang membuat mata tetap berdiam di dalam desain seperti pola kotak-kotak geometris atau motif kecil yang berulang. Sementara pola dinamis akan membuat mata seolah-olah diajak menelusuri satu bagian desain ke bagian lainnya. Pola ini meliputi motif bunga dan daun.

Kalau ingin mencampur pola, perhatikan kombinasinya. Pertimbangkan pula atmosfer dan gaya yang Anda inginkan. Untuk itu, pahami masing-masing variasi pola di bawah ini.

1.  Garis-garis

motif garis - homedesignlovercom

 

Pola garis cocok diterapkan pada dinding, lantai, kain pelapis, dan perabotan. Hanya saja, lebar garis perlu disesuaikan dengan ukuran areanya mengingat ada pola garis-garis yang tipis dan lebut, ada pula yang tebal.

Gunakan pola garis-garis untuk mengubah persepsi terhadap dimensi suatu area. Garis vertikal untuk meningkatkan tampilan tinggi suatu ruang sementara garis horizontal menjadikannya terlihat lebar dan rendah.

Jika pada karpet yang bergaris-garis akan memberikan tampilan yang menawan sekaligus ramah. Seakan menarik orang yang memadang. (Foto: homedesignlover.com)

2.  Bintik-bintik

motif polkadot - homeoidalpro

Pola bintik-bintik biasanya dikenal dengan polkadot. Pola bintik-bintik tebal biasanya cocok untuk permadani dan perabotan sedangkan bintik warna lembut akan terlihat bagus pada dinding kamar anak-anak dan ruang keluarga. Bintik dan garis dengan warna yang sama akan serasi jika dipadukan. (Foto: homeoidal.pro)

Reporter : Sabrina Alisa
Editor : Sabrina Alisa

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×