Mengenal Lebih Jauh Feng Shui-nya Bali: Asta Kosala Kosali

  • Rabu, 10 Januari 2018 18:30 WIB

Ilustrasi foto rumah Bali (foto: dok. pegipegi.com) | dok. pegipegi.com

iDEAonline –Biasanya kita mengenal feng shui saat ingin membangun rumah. Ya, feng shui rumah berkaitan dengan tata cara membangun rumah, dimulai dari pemilihan area hingga mendesain rumah.

Seperti yang diketahui, feng shui merupakan ilmu topografi kuno dari Tiongkok yang sudah digunakan sejak 4.700 tahun yang lalu. Kemudian, ilmu ini dipelajari di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

undefined
Ilustrasi foto rumah Bali (foto: dok. pegipegi.com)

Ternyata, Indonesia memiliki feng shui “asli” dari budaya sendiri. Ya, tepatnya dari Bali, yaitu asta kosala kosali.

Layaknya feng shui yang dikenal, asta kosala kosali juga mengatur tata cara, tata letak, dan tata bangunan untuk rumah tinggal atau tempat beribadah yang didasarkan pada Nawa Sanga—sembilan penguasa di setiap penjuru mata angin dengan Dewa Siwa sebagai titik pusatnya.

Filosofi ini membuat bangunan harus dibuat terpisah setiap bagiannya. Sehingga, dibutuhkan area yang sangat luas untuk mewujudkannya.

undefined
dok. inputbali.com

Dalam asta kosala kosali, bagian timur dianggap sebagai hulu atau kepala yang disucikan. Sehingga pada pembangunan rumah, bagian timur selalu dibangun untuk tempat ibadah.

Pada zaman kini, asta kosala kosali disesuaikan dengan kondisi zaman sekarang, namun tetap berpegang teguh dengan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Sabrina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×