Negara Ini Bangun Rumah Tahan Gempa Dari Limbah Botol Plastik Lho!

  • Sabtu, 14 April 2018 16:00 WIB

Foto: Huffington Post | .

Penulis Maulina Kadiranti

Enggak nyangka iDEA lovers, ternyata berkat material lumpur dan botol platik di rumah tersebut, buat rumah lebih aman dari bahaya gempa bumi dan kebakaran.

Trus Activist didirikan oleh dua organisasi non-pemerintah, yaitu Asosiasi Pembangunan Energi Terbarukan (DARE) yang Berbasis di Kaduna, Nigeria dan Organisasi Masyarakat Afrika yang berbasis di London, inggris.

undefined
Foto: Huffington Post
Mereka memiliki tujuan bersama, yaitu untuk membangun rumah bagi para tunawisma di Nigeria.Tahap awal saat membangun rumah botol plastik adalah mengisi botol plastik dengan pasir.

Selanjutnya, menyiapkan lumpur dan semen digunakan untuk menyatukan botol-botol tersebut sehingga menghasilkan dinding yang kokoh.

undefined
Fot:  treehugger.com
Seperti yang iDEA kutip dari tribunnews  Dibutuhkan sekitar 14.000 botol untuk membangun satu rumah dengan dua kamar tidur.

Di Nigeria, terdapat tiga juta limbah botol plastik setiap hari sehingga mereka belum menemukan masalah dalam pasokan bahan bangunan utama yaitu botol plastik bekas.

undefined
Foto: triphobo.com
Pasir dalam botol juga membantu menjaga suhu ruangan agar tetap rendah. Sehingga sangat cocok untuk digunakan di negara-negara seperti Nigeria yang memiliki suhu panas.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Bayu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×