Sudah Ada Sejak Puluhan Ribu Tahun Lalu, Ini Sejarah Mural Yang Tak Kita Ketahui!

  • Jumat, 13 April 2018 13:00 WIB

Foto oleh Dok. Nippon Paint | .

Penulis Sabrina Alisa

iDEAOnline – Salah satu yang menjadi pemanis ruang adalah hadirnya mural. Ya. Sama halnya dengan tren fesyen yang berputar bak roda, dinding lukis—atau yang biasa disebut dengan mural—memang tengah menjadi tren interior kembali.

Kini, banyak dinding yang dihiasi mural. Tak hanya untuk dekorasi rumah saja, tetapi mural menjelma sebagai dekorasi ruang usaha seperti restoran dan kafe.

undefined
dok. quantiply.co
Bahkan, mural juga hadir pada bangunan arsitektur lainnya. Sehingga, tak sedikit akhirnya dinding mural menjadi spot cantik untuk berfoto.

Walaupun kini sedang menjadi tren interior, ternyata mural telah dikenal sejak zaman prasejarah, lho!

undefined
Lukisan di dinding gua di Lascaux, Prancis (dok. wikipedia.com)
Sejarah menuturkan, terdapat lukisan gua di Lascaux, bagian selatan Perancis. Diduga, lukisan gua ini diciptakan sejak 31.500 tahun lalu oleh manusia prasejarah sebagai cara berkomunikasi dan menyimpan memori.

undefined
dok. wikipedia.com
Sesuai perkembangannya, para seniman Eropa di abad pertengahan sering mengaplikasikan mural pada dinding dalam bangunan, khususnya pada bangunan-bangunan bergaya Baroque, Rococo dan Renaissance.

undefined
Pintu masuk ke dalam gua yang telah dibuat lebih modern (dok. wikipedia.com)
Di masa lalu, mural klasik memang lebih sering menghiasi ruang dalam. Namun, beberapa tahun belakangan, mural menjadi salah satu media masyarakat urban untuk beropini di jalanan dan ruang luar lainnya—khususnya menyangkut kasus sosial dan politik.

Oleh karena itu, banyak seniman mengkategorikannya sebagai street art, atau seni jalanan. Tak jarang orang menyamakannya dengan grafiti. Meskipun kenyataannya, grafiti lebih banyak berperan dalam kata-kata dibandingkan gambar.

undefined
Ruang konservasi di gua Lascaux (dok. wikipedia.com)
Aliansyah Caniago, seorang seniman yang sering berkutat dalam dunia mural, mengungkapkan bahwa proses pembuatan dinding lukis di interior bersifat lebih privat.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Bayu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×