Uniknya Sekolah Loop Kindergarten di Tianjin, Tiongkok

  • Selasa, 2 Mei 2017 16:00 WIB

Uniknya Sekolah Loop Kindergarten di Tianjin Tiongkok

iDEAonline - Pola pikir yang semakin kreatif, membuat seseorang berpikir untuk menciptakan berbagai hal-hal yang unik. Selain rumah, bangunan sekolah pun turut menjadi "kelinci percobaan". Seperti yang satu ini. Studio asal Beijing, SAKO Arsitek, menggunakan semua warna pelangi untuk mendesain area bermain, kelas dan roof garden pada sebuah sekolah Taman Kanak-Kanak yakni Loop Kindergarten di Tianjin, Tiongkok.

Dipimpin oleh arsitek Jepang, Keiichiro Sako, SAKO Arsitek mendesain Loop Kinderganten dengan bentuk volume melingkar tanpa memiliki sudut, bahkan seluruh eskteriornya juga dipenuhi oleh jendela bulat. 

Loop Kindergarten merupakan gedung sekolah bertingkat tiga. Irisan lengkungan besar pada salah satu sisi bangunan diciptakan sebagai gerbang utama gedung, di mana terdapat tangga simetris. Lubang besar yang diposisikan di atas tangga, membawa sorotan cahaya secara langsung ke tiap orang yang melewatinya.

Sementara untuk lantai dasarnya berisi area bermain indoor yang "dimeriahkan" oleh tiang berwarna-warni dan podium bertingkat. Kaca corong yang berada di lantai tersebut terhubung dengan area outdoor di atasnya dan membawa cahaya alami ke bawah sehingga dapat menciptakan ruang bermain dalam ruang yang nyaman untuk murid.

Berjalan ke lantai dua melalui tangga di pintu utama, terdapat area bermain outdoor, dengan semua kelas menghadap ke arahnya. Ini merupakan ruang menyenangkan untuk murid bermain dan menikmati udara segar.

Di lantai tiganya, terdapat sebuah tangga yang digunakan setiap murid untuk jalur menuju roof garden. Beberapa warna berbeda digunakan pada dinding, lantai dan pada pegangan tangga, yang berperan sebagai fitur utama dari Loop Kindergarten.

Uniknya, langit-langit di tiap lantai memiliki 18 warna berbed. Tiap perubahan warna dapat dilihat melalui tiap celah dari papan putiht tiap berjalan melewati koridor. Warna-warna pelangi tersebut dibuat bukan tanpa maksud. Melainkan untuk membantu anak-anak dalam mengindetifikasi setiap lokasi yang berbeda di sekolah sehingga mereka tidak akan tersesat atau bingung di bangunan bentuk melingkar ini. Keren kan..

 

 

Sumber: dezeen.com

Reporter : Sabrina Alisa
Editor : Sabrina Alisa

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×