Warga Lampung Selatan Gunakan Material Ini Untuk Bangun Toilet Sehat

  • Kamis, 20 Juli 2017 17:00 WIB

Ilustrasi toilet | dok. electricdrain.com

iDEAonline – Warga Lampung Selatan beserta koordinator program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) di Lampung Selatan berinovasi dalam menciptakan toilet sehat.

Seperti ideaonline lansir dari kompas.com, masyarakat di Kecamatan Tanjungsari dan Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan menggunakan material kulit padi atau sekam sebagai bahan untuk mencetak tabung septic tank.

Caranya, pertama membuat lubang dengan diameter 90 sentimeter dan kedalaman 100-150 sentimeter. Lalu masukkan terpal yang telah dijahit, diisi sekam dan dicor semen di sekelilingnya.

Diketahui, sebanyak 68.000 keluarga di Lampung Selatan tidak memiliki toilet sehat. Setelah mendapat edukasi soal sanitasi, 14.000 keluarga dari 22 desa telah memiliki toilet mandiri.

Setidaknya, warga mengeluarkan Rp300.000 untuk membangun toilet dari material kulit padi ini. Lebih jauh, program swasembada WC ini memanfaatkan dana desa dan warga yang tidak memiliki dana untuk membangun toilet dapat meminjam lewat BumDes (Badan Usaha Milik Desa).

Reporter : Sabrina
Editor : Sabrina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×