Wow! Ini Dia Cara Jamur 'Memperbaiki' Retak Beton!

  • Minggu, 15 April 2018 09:00 WIB

dok. mojmojster.net | dok. mojmojster.net

Penulis Sabrina Alisa

iDEAonline – Berawal dari melihat kemampuan tubuh manusia dapat meyembuhkan bagian yang rusak, para ilmuwan di Universitas Binghamton, AS pun mencoba hal tersebut untuk retak beton.

undefined
dok. pixabay.com
Ya, jamur adalah menjadi pengisi untuk retak beton. Namun, bukan sembarang jamur yang dibudidayakan untuk penelitian ini. Ada beberapa spesifikasi yang harus dimiliki jamur dan jamur Trichoderma reesei terpilih sebagai jamur perekat beton.

Bagaimana jamur menjadi perekat beton yang rusak?

undefined
Trichoderma reesei (dok. konspekta.net)
Seperti yang ideaonline lansir dari inhabitat, Congrui Jin, asisten professor Universitas Binghamton bersama dengan timnya membeberkan bagaimana jamur T. reesei menjadi perekat.

undefined
dok. mojmojster.net
Awalnya, jamur dicampur dengan beton. Hingga terdapat retakan di beton muncul, jamur akan beraksi. Seiring air dan oksigen menembus celah, spora jamur akan berkecambah, melebar, dan membuat kalsium karbonat untuk mengisi retak. Sehingga, retak beton pun akan terisi dan diharapkan tak terjadi korosi.

undefined
dok. inhabitat.com
Pengembangan ini baru memasuki fase awal dan masih diperlukan waktu lagi untuk benar-benar diaplikasikan pada beton. Belum ada bocoran waktu kapan jamur siap untuk diaplikasikan.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Bayu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×