Agar Rumah Tetap Aman Dari Kejahatan? Ini Dia Tipsnya!

  • Kamis, 8 Februari 2018 19:00 WIB

Agar Rumah Tetap Aman Dari Kejahatan Ini Dia Tipsnya

iDEAonline – Terjadi penembakan terhadap korban percobaan curanmor di perumahan Bugel Indah, Karawaci, Kota Tangerang, sempat kontak fisik dengan satu dari dua pelaku, Senin (12/6/2017) siang.

Italia Chandra Kirana Putri (22), mengambil sapu lidi dan memukul ke salah satu pelaku usai memergoki mereka yang hendak mencuri sepeda motor di pekarangan rumahnya.

Selain itu, banyak juga aksi pelaku kejahatan akhir-akhir ini, seperti kasus perampokan, pembegalan, dan pencurian. Namun, tidak jarang juga terjadi kebakaran, banjir, dan bencana lainnya.

Hal ini menimbulkan rasa khawatir. Terlebih lagi jika Anda harus berpergian dan meninggalkan rumah dalam waktu lama. Ya, rumah biasanya menjadi incaran para pelaku kejahatan. Untuk mengantisipasinya, saat ini orang - orang banyak yang memperketat keamanan rumah.

Berikut ini merupakan tips agar rumah tetap aman dari kejahatan:

1. Memasang sistem keamanan untuk hunian

Tips yang satu ini mungkin membutuhkan biaya yang lebih. Namun, sistem keamanan rumah akan sangat berguna terlebih lagi jika kita akan meninggalkan rumah dengan waktu yang lama. Contohnya, Anda dapat memasang CCTV, alarm, dan memasang kunci ganda pada jendela dan pintu. Alarm pun memiliki beberapa tipenya. Ada alarm yang menggunakan sensor inframerah dan alarm nirkabel.

2. Membuat rumah selayaknya ada penghuni

Kelabui rumah kosong dengan cara sederhana seperti tirai yang tidak ditutup secara full dan lampu dibiarkan tetap menyala di ruang tertentu. Namun, lebih baik menggunakan lampu dengan sensor sehingga dapat dikontrol dari kejauhan.

3. Bijak meng-update info di media sosial

Reporter : Sabrina Alisa
Editor : Sabrina Alisa

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×