Ingin Merenovasi Hunian? Perhatikan Dulu Yuk 5 Hal Ini Sebelum Melakukannya!

  • Senin, 16 April 2018 17:00 WIB

dok. finehomebuilding | dok. finehomebuilding

Penulis Sabrina Alisa

iDEAonline - Ada lima hal yang harus dilakukan sebelum merenovasi hunian. Merenovasi rumah bukanlah hal yang dilakukan hanya karena rumah sudah tampak terlalu tua. Namun, karena Anda ingin membuatnya menjadi tempat berlindung yang lebih baik.

Ketika berencana merenovasi rumah, Anda pasti tidak ingin menghabiskan sejumlah besar uang untuk mengubah "wajah" dari hunian Anda. Melainkan membuat beberapa perubahan di sana-sini dengan biaya yang cukup masuk akal.

Untuk itu sebelum merenovasi rumah, Anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Tidak hanya membantu Anda menghemat anggaran tetapi juga menjaga kenangan masa lalu di rumah tetap ada walaupun sudah direnovasi. Inilah lima hal yang harus Anda lakukan sebelum merenovasi hunian.

Menetapkan Anggaran

undefined
dok. finehomebuilding
Sebulan sebelum merenovasi, duduk bareng dengan pasangan dan diskusikan mengenai ide renovasi rumah. Bila pasangan setuju dengan ide Anda, maka mulai itung-itungan berapa kira-kira jumlah dana yang dibutuhkan. Pastikan, itungan Anda cukup masuk akal.

Rencanakan Waktunya

Terlepas dari aspek keuangan, renovasi rumah juga membutuhkan pengawasan dari Anda. Untuk itu, bila pasangan Anda memiliki urusan bisnis ke luar kota dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya renovasi dilakukan setelah dia pulang. Setelah menentukan waktunya, jangan lupa untuk menambah perkiraan waktu hingga 15-30 hari. Pasalnya, Anda membutuhkan waktu tambahan untuk mengembalikan rumah ke keadaan "normal".

Buang Kekacauan

Pastikan buang semua barang-barang tak terpakai yang sudah menumpuk di rumah sejak lama. Hal ini mencakup perabotan rusak, brosur-brosur, koran, dan majalah bekas, furnitur lama, dan semua hal yang telah masuk ke dalam loteng atau gudang.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Bayu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×