Inilah Alasannya Mengapa Kamu Mengantuk Saat Mendengar Bunyi Hujan!

  • Kamis, 4 Januari 2018 16:00 WIB

Ilustrasi | dok petapixel.com

iDEAonline – Pada musim hujan, orang cenderung lebih mudah mengantuk. Tak hanya dikarenakan oleh cuaca sejuk yang ditimbulkan, tetapi juga suara rintik hujan membuat perasaan menjadi damai.

Seperti yang Ideaonline kutip dari kompas.com, kecenderungan orang mengantuk saat mendengar bunyi rintik hujan disebabkan oleh cara otak menafsirkan suara yang didengar.

Menurut Orfeu Buxton, profesor kesehatan biobehavioral dari Universitas Pennsylvania, seperti yang dilansir dari Live Science, suara yang lamban dan teratur adalah jenis suara yang tak mengancam. Itulah mengapa jenis suara seperti ini menenangkan.

Tak hanya sekedar volume suara (seperti suara lamban dan teratur), karakter suara dapat memicu sistem kewaspadaan yang membuat otak mengantuk. Sehingga, suara telepon dan dering alarm memicu kekhawatiran dan membuat orang terbangun dari tidur atau menghilangkan rasa kantuk.

“Jenis kebisingan suara menentukan apakah Anda akan terbangun atau tidak, karena tergantung tingkatannya, suara akan diproses berbeda oleh otak,” ujar Orfeu Buxton.

Sehingga, tak mengherankan bila alat bantu tidur bertemakan air dalam bentuk aplikasi menjadi populer beberapa tahun belakangan ini.

Nah, ini bisa menjadi tips bagi yang kesulitan tidur di malam hari, iDEA Lovers! Semoga dapat tidur nyenyak!

 

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Sabrina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×