Tips Menyimpan Kertas Penting Agar Rumah Selalu Rapi

Oleh : Fransisca Wungu
/ Kamis, 20 April 2017 Tidak semua kertas penting harus disimpan. Ini tipsnya agar kertas tidak bertumpuk di rumah.
Tidak semua kertas penting harus disimpan. | PHOTO OLEH : kimconstable

iDEAonline ‚Äď Tumpukan kertas merupakan salah satu penyebab tidak rapinya sebua rumah. Ini karena kertas sangat mudah disimpan, tetapi sangat sulit diatur.

Menurut Sandra Felton dalam bukunya ‚ÄúMenata Rumah, Menata Hati‚ÄĚ, karena kertas merupakan barang kecil, kita tidak sadar berapa banyak tempat yang dihabiskan untuk menyimpannya.

Apalagi menyangkut kertas-kertas penting seperti tagihan, laporan pajak, atau polis asurasi. Ketakutan akan dimintai keterangan membuat kertas-kertas tidak pernah dibuang dan menumpuk terus selama bertahun-tahun.

Meskipun bukan panduan yang baku, ada tips yang dapat dijadikan panduan agar tumpukan kertas di rumah semakin berkurang. Rumah pun menjadi lebih rapi!

Inilah waktu penyimpanan kertas-kertas penting tersebut, sebelum harus dibuang.

  • Laporan pajak: 6 tahun
  • Surat kepemilikan rumah: selama runag tersebut dimiliki
  • Polis asuransi: selama masih berlaku
  • Laporan bank dan investasi: sampai waktu pembayaran pajak
  • Angsuran pembayaran: sampai waktu pembayaran pajak
  • Tagihan: sampai tagihan berikutnya datang
  • Taghan kartu kredit: sampai tagihan berikutnya datang

Agar selalu ingat, salin daftar ini dan tempelkan di lemari tempat Anda menyimpan kertas-kertas penting tersebut.

Editor

Fransisca Wungu

Mama satu anak ini hobi watercoloring dan brushlettering. Di meja kerjanya selalu banyak tanaman. Suka banget film Adventure Time. "Positive vibes only" IG @siscawungu 

Artikel Terkait