Tips Menyimpan Kertas Penting Agar Rumah Selalu Rapi

  • Kamis, 20 April 2017 18:30 WIB

Tidak semua kertas penting harus disimpan. | kimconstable

iDEAonline – Tumpukan kertas merupakan salah satu penyebab tidak rapinya sebua rumah. Ini karena kertas sangat mudah disimpan, tetapi sangat sulit diatur.

Menurut Sandra Felton dalam bukunya “Menata Rumah, Menata Hati”, karena kertas merupakan barang kecil, kita tidak sadar berapa banyak tempat yang dihabiskan untuk menyimpannya.

Apalagi menyangkut kertas-kertas penting seperti tagihan, laporan pajak, atau polis asurasi. Ketakutan akan dimintai keterangan membuat kertas-kertas tidak pernah dibuang dan menumpuk terus selama bertahun-tahun.

Meskipun bukan panduan yang baku, ada tips yang dapat dijadikan panduan agar tumpukan kertas di rumah semakin berkurang. Rumah pun menjadi lebih rapi!

Inilah waktu penyimpanan kertas-kertas penting tersebut, sebelum harus dibuang.

  • Laporan pajak: 6 tahun
  • Surat kepemilikan rumah: selama runag tersebut dimiliki
  • Polis asuransi: selama masih berlaku
  • Laporan bank dan investasi: sampai waktu pembayaran pajak
  • Angsuran pembayaran: sampai waktu pembayaran pajak
  • Tagihan: sampai tagihan berikutnya datang
  • Taghan kartu kredit: sampai tagihan berikutnya datang

Agar selalu ingat, salin daftar ini dan tempelkan di lemari tempat Anda menyimpan kertas-kertas penting tersebut.

Reporter : Fransisca Wungu
Editor : Fransisca Wungu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×