3 Pantangan Saat Mendesain Pencahayaan di Rumah

  • Kamis, 24 Agustus 2017 15:45 WIB

3 Pantangan Saat Mendesain Pencahayaan di Rumah | Adeline Krisanti

Rumahguide - Tidaklah lengkap bila dekorasi interior tidak didukung dengan pencahayaan yang optimal. Ya, semua itu seperti sebuah aspek yang tak boleh terpisahkan. Bayangkan bila Anda tak memikirkan menyoal pencahayaan di rumah, pasti aktivitas Anda pun akan terganggu karenanya.

Sebagai contoh, ketika Anda mendesain ruang kantor atau ruang kerja namun di dalamnya tak dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup. Otomatis Anda tak akan nyaman berada di sana. Benar? Kendati demikian, merancang pencahayaan tak boleh semata-mata dilakukan secara asal.

Terdapat beberapa hal yang sebaiknya Anda tidak lakukan ketika merancang pencahayaan di rumah. Apa sajakah itu? Simak 3 hal beserta uraian singkatnya berikut ini.

Pencahayaan yang Menyilaukan

Jika Anda sedang merancang pencahayaan di rumah, usahakan jangan sampai pencahayaan tersebut dapat menyilaukan mata. Tentu dengan kondisi seperti itu, akan sulit dan tak nyaman ketika Anda melakukan aktivitas di sana.

Silau dapat timbul akibat pemilihan lampu yang watt-nya terlalu besar. Silau juga bisa terjadi jika cahaya putih mengenai bidang putih dan kemudian memantul. Oleh karenanya, jika dinding di rumah Anda berwara putih, jangan sekali-kali membuat pencahayaan yang langsung mengarah ke dinding.

Pakai Satu Sakelar untuk Banyak Lampu

Boleh saja bila Anda menggunakan lampu dengan jumlah yang banyak dalam suatu ruangan. Namun, usahakan tidak memakai terlalu banyak lampu dalam satu sakelar. Misalnya mengoprasikan 4 lampu dalam satu saklar sekaligus.

Hal tersebut dapat mengakibatkan pemborosan energi. Mengapa? Logikanya, lampu yang tak harusnya terpakai akan menyala juga.

Menggunakan Lampu yang Tidak Sesuai

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Nia Irawan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×