3 Tips Membersihkan Wallpaper Supaya Tetap Cantik dan Tak Robek

  • Jumat, 29 September 2017 08:30 WIB

3 Tips Membersihkan Wallpaper Supaya Tetap Cantik dan Tak Robek | dulux.co.za

Rumahguide - Penggunaan wallpaper seringkali jadi pilihan alternatif dalam mempercantik dinding rumah. Wallpaper umumnya dipilih dengan latar belakang mudah dalam segi pemasangan dan tidak meninggalkan bau, sehingga cocok bagi pemilik rumah yang tak mau ribet ketika ingin menganti suasana dinding huniannya secara instan.

Nah, untuk menjaganya tetap cantik dan memukai, pastinya dibutuhkan perawatan. Paling tidak dilakukan pembersihan ketika terdapat noda/debu yang sudah menempel banyak. Membersihkan wallpaper sebetulnya mudah. Anda bisa mengikuti instruksi yang diberikan toko penjual wallpaper atau membaca tips di bawah ini.

1.    Kenali Jenis Bahan Wallpaper

Sebelum membersihkan wallpaper, ada baiknya Anda mengetahui jenis bahan wallpaper yang digunakan. Umumnya, jenis bahan wallpaper ada 2 macam yakni wallpaper yang bisa dicuci dan yang tidak bisa dicuci.

Wallpaper yang bisa dicuci terdapat lapisan vinyl tipis yang menyelimuti permukaannya. Sehingga, Anda dapat mencucinya dengan cara mengelap dengan kain basah. Sementara kertas dindingyang tidak bisa dicuci lebih sulit untuk dibersihkan. Kendati demikian, Anda bisa mengusahakannya tetap bersih dengan mengelapnya dengan kain kering bersih atau menyapunya (di bagian yang sulit dijangkau).

2.    Pahami Noda yang Nempel di Wallpaper

Ada banyak macam noda yang bisa merusak keindahan wallpaper di hunian. Misalnya, debu, tinta, dan bekas tangan, minyak, dan lain sebagainya. Kenali terlebih dahulu, barulah Anda bisa bersihkan dengan melihat caranya pada tips yang ketiga.

3.    Cara Membersihkan Noda pada Kertas Dinding

Pertama, Anda bisa mulai membersihkan wallpaper dengan kotoran yang mudah dihilangkan terlebih dahulu. Misalnya saja debu. Bersihkan debu dengan menggunakan sikat lembut atau penyedot debu yang dilengkapi sikat. Untuk menjangkau tempat-tempat tinggi, Anda dapat menggunakan sapu yang dibalut dengan kain atau kaos bekas pakai sebagai alternatif agar tidak merusak wallpaper.

Kedua, Anda bisa mulai membersihkan wallpaper dari beragam noda lain selain debu, misalnya noda alat tulis, jika ada. Anda bisa menggunakan larutan pengangkat noda, seperti  WD-40 atau cairan dry-cleaning. Untuk noda minyak Anda bisa menggunakan air sabun hangat untuk membersihkan wallpaper.

Ketiga, Anda bisa menggunakan sisa air sabun hangat untuk mencuci bagian wallpaper yang bisa dicuci. Caranya, tambahkan air hangat itu dengan ammonium hidroksida untuk hasil optimal. Selain itu wallpaper yang memiliki lapisan vynil pun bisa dibersihkan dengan kain yang telah dilumuri cuka. Tapi, jangan langsung menyiram cuka tersebut ke wallpaper. Sebab hal tersebut bisa merusaknya. Nah, setelah Anda selesai membersihkan wallpaper dinding, bilas sampai bersih dan lap dengan kain yang sudah dibasahi air hangat. Kemudian, barulah Anda keringkan dengan kain lembut.

Keempat, untuk kertas dinding yang tidak bisa dicuci, diperlukan trik tersendiri. Sebagai contoh membersihkan wallpaper dari noda alat tulis. Nah, Anda memerlukan karet penghapus atau larutan pembersih.

Sedangkan noda minyak, Anda bisa membersihkannya dengan cara menggosok bagian yang terkena noda dengan roti. Bisa juga dengan menambahkan bubuk talc, tepung jagung, atau boraks dengan sedikit air lalu dioleskan pada noda minyak. Tunggu sampai kering, lalu gosok dengan kain lembut hingga terangkat.

Begitulah tips saat Anda ingin membersihkan wallpaper dinding yang sudah kotor dan tidak enak dipandang. Jangan ragu untuk mencoba, ya!

 

Teks Zeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Nia Irawan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×