4 Tips Buat Carport Cantik dan Fungsional

  • Selasa, 15 Agustus 2017 06:45 WIB

4 Tips Buat Carport Cantik dan Fungsional | Dok. Arch-D Architecture

RumahguideBelakangan ini, carport tidak sekadar tempat parkir mobil atau motor saja, namun juga berfungsi sebagai elemen estetika rumah. Ini karena posisinya ada di bagian depan rumah dan menjadi bagian dari fasad rumah.

Carport sebagus apapun, jika tidak didesain sesuai dengan konsep rumah, akan mengganggu tampilan rumah secara keseluruhan. Bahkan, akan menurunkan keindahan dan kecantikan rumah.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan agar hal ini tidak terjadi dan membuat carport Anda tampil memukau?

1. Desain Selaras

Desain carport harus selaras dengan desain rumah. Artinya, jangan sampai ada benturan gaya atau konsep yang diterapkan. Misal, rumahnya berdesain modern dengan pola geometris kuat, tetapi desain carport-nya berdesain tradisional dengan pola ukir yang banyak.

2. Proporsi Seimbang

Proporsi carport yang lumayan menyita ukuran fasad dapat membuat tampilan rumah Anda “tenggelam”. Untuk menghindari masalah ini, perhatikan proporsi carport yang Anda buat, khususnya di bagian dinding dan atap. Sebaiknya, carport tidak dirancang solid, tetapi dibuat lebih terbuka. Seperti desain carport ini, dindingnya dibuat terbuka (hanya dinding antar-tetangga yang solid dan bagian atapnya dibuat tidak solid (ada bukaan).

3. Jangan Monoton

Hal yang perlu Anda perhatikan demi mendapatkan carport yang cantik dan bersifat personal adalah, buatlah desain carport yang lunik. Anda bisa melihat pada bagian atapnya, terdapat bukaan yang terbagi dua, kanan dan kiri. Yang menarik, bukaan di bagian kanan dan kiri dirancang berbeda sehingga tercipta carport yang unik dan menarik.

4. Fungsi Tetap Prioritas

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Maulina Kadiranti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×