Ini Caranya Menciptakan Ruang Tamu Mungil yang Nyaman

  • Kamis, 24 Agustus 2017 14:45 WIB

Ini Caranya Menciptakan Ruang Tamu Mungil yang Nyaman

Rumahguide - Beberapa orang sudah menghilangkan ruang tamu karena alasan efisiensi lahan. Selain itu, ada anggapan bahwa aktivitas bertamu atau berkunjung lebih simpel dilakukan di luar rumah, seperti kafe dan pusat perbelanjaan.

Tak salah  jika ada orang yang berpikiran seperti ini. Namun, beberapa orang masih menganggap ruang tamu ini penting, walau ukurannya kecil. Bahkan, mereka berusaha menata ruang tamunya semenarik mungkin, dengan tujuan membuat tamu yang berkunjung menjadi terkesan.

Untuk menciptakan ruang tamu berukuran mungil tetapi tetap terasa nyaman, dibutuhkan perencanaan yang matang. Ini dia penjelasanya.

·         Ukuran ruang tamu idealnya tidak kurang dari 2,5m x 2m. Selain aktivitas mengobrol bisa nyaman, juga ada ruang sirkulasi yang nyaman pula bagi orang untuk keluar masuk rumah.

·         Pilih furnitur yang custom dan berukuran menyesuaikan ruang. Jangan membeli furnitur dengan ukuran yang lebih besar atau terlalu kecil karena akan membuat proporsi furnitur dan ruang jadi tidak enak dipandang mata.

·     Pastikan penempatan furnitur tertata ideal. Sofa atau kursi sebagai furnitur utama pengisi ruang tamu sebaiknya dipilih sesuai dengan kesan yang ingin ditonjolkan—apakah formal atau santai sesuai dengan karakter pemilik rumah.

·     Karena ukurannya mungil, furnitur yang Anda masukkan di ruang ini tidak perlu satu set (terdiri dari tiga dudukan, dua dudukan, satu dudukan, dan satu meja). Cukup taruh sofa minimal menampung 2-3 orang saja plus meja kecil jika dibutuhkan.

·         Anda dapat memilih bentuk dan warna sofa yang sama. Namun, jika ingin terkesan lebih dinamis, Anda dapat memadu dudukan dengan komposisi warna dan bentuk yang berbeda. Seperti ruang tamu ini memadupadankan bentuk dudukan yang berbeda dengan warna yang berbeda pula.

·     Jangan menaruh banyak hiasan di ruang tamu yang mungil. Taruh satu atau dua pajangan di dinding sebagai pemanis. Terlalu penuh pajangan dapat membuat ruang tamu Anda semakin sempit.

Semoga bermanfaat!

 

Teks Irfan Hidayat, Nia Irawan

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Nia Irawan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×