Ini Dia Kriteria Perumahan Yang Ideal! Baca Dulu Sebelum Membeli Rumah!

  • Minggu, 18 Maret 2018 18:00 WIB

Foto: rmnt.ru

Penulis Irfan Hidayat

iDEAonline - Siapa yang tak butuh rumah? Semua orang pasti membutuhkannya. Faktor kebutuhan inilah yang ditangkap oleh para pengembang perumahan sebagai peluang dalam mengembangkan bisnisnya. Pertanyaannya, apakah semua pengembang dalam membangun perumahan sudah dianggap ideal? Bisa jadi iya, bisa juga tidak. Untuk mengetahui ideal atau tidaknya, ini kriteria yang dapat Anda jadikan pedoman dalam memilih rumah.

Kriteria ini tak hanya menentukan perumahan itu ideal atau tidak, tetapi bisa dijadikan patokan bagi iDEA Lovers dalam memilih perumahan apa yang akan dibeli.

Keseimbangan Antara Hunian

dengan lingkungan diperlukan guna mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Perbandingannya antara yang terbangun dan yang tidak terbangun (meliputi taman, jalan, drainase, dan lain-lain) maksimal 60:40. Semakin tinggi luas lahan yang tak terbangun maka semakin baik perumahan tersebut.

Kalau masterplan-nya hanya kotak-kotak seperti kandang burung, tidak ada tata ruang yang terencana, dan minim lansekap, bisa dipastikan perumahan tersebut tidak dirancang baik. Saat melihat masterplan, usahakan agar Anda melihat konsep kawasan secara utuh, perhatikan lahan hijau dan non hijau, serta fasos dan fasum-nya.

undefined
Foto: Dok. Renovasi/iDEA
Desain Tiap Unit Rumahnya

Idealnya, karena kita berada di Indonesia, pilih desain rumah yang mengusung konsep tropis atau bisa mengkaver cuaca ekstrim yang ada di Indonesia. Jikalau dipaksakan memilih konsep desain lain, biasanya dibutuhkan perawatan yang cukup besar terhadap rumah. Jika Anda sanggup sih tidak masalah. Jika tidak, pikirkan ulang karena biaya perawatan rumah tidak sedikit.

undefined
Foto: Dok. Renovasi/iDEA
Jangan Tertipu Slogan

Demi menggaet pangsa pasar yang lebih luas, semua perumahan seolah berlomba- lomba dengan memberikan slogan cap ramah lingkungan. Anda sebaiknya jangan sampai tergiur dengan hal ini. Banyak dari mereka yang hanya memberikan slogan tanpa bukti. Lebih baik terjun langsung ke lapangan dan pastikan slogan mereka memang nyata, seperti bebas banjir, dekat ke pintu tol, hanya 45 menit dari lokasi, dan lain-lain.

undefined
Foto: Dok. Renovasi/iDEA
Harga Kompetitif

Sebelum membeli rumah, bandingkan harga perumahan satu dan lainnya sebelum membeli dan pastikan fasilitas serta keuntungan apa yang Anda peroleh jika membeli perumahan tersebut. Harga idealnya berbanding sama dengan tingkat kenyamanan dan kelebihan yang ditawarkan.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Bayu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×