Interior Jadi Unik Berkat Dekorasi Tipografi

  • Jumat, 25 Agustus 2017 17:30 WIB

Interior Jadi Unik Berkat Dekorasi Tipografi

Rumahguide -  Belakangan, kami cukup sering menemukan hiasan berupa aksara, baik dalam interior hunian, ataupun di ruang publik. Tipografi adalah sebuah ilmu dalam memilih dan menata huruf disesuaikan dengan ruang-ruang yang tersedia demi memberi kesan tertentu. Tujuannya, agar para pembaca dapat mendapatkan kenyamanan membacanya.

Biasanya, tipografi ini lebih sering dipakai dalam pembuatanlayout buku, sablon baju, hingga kebutuhan bidang periklanan. Namun, belakangan ini, tipografi mulai merambah ke bidang interior, khususnya bagi interior hunian, yang memerlukan sentuhan pribadi penghuninya dengan cara yang relatif mudah. Tak jarang, aksen rangkaian huruf itu mengadaptasi kalimat-kalimat inspiratif yang dilontarkan oleh tokoh besar.

Ingin menerapkan huruf-huruf ini ke dalam rumah Anda? Berikut adalah beberapa inspirasi yang bisa Anda coba di dalam hunian Anda.

1. Aksara “Kapur”

Salah satu cara mudah untuk meletakkan aksen tipografi sendiri ke rumah Anda, adalah mengaplikasikan cat blackboard ke satu dinding rumah Anda, lalu menuliskan aksara-aksara yang mengandung makna, dengan material kapur tulis. Kelebihannya, Anda bisa menghapusnya jika seketika Anda bosan dengan tulisan tersebut.

2. Huruf Stensil

Ingin menerapkan huruf-huruf ke dalam furnitur atau dinding di rumah Anda? Terapkan teknik stensil. Ambil karton tebal, gunting, penggaris dan cat—sesuai dengan media yang akan Anda gunakan. Buat mal (cetakan) huruf terlebih dahulu, dengan ukuran dan tulisan sesuai keinginan. Lalu, tempel mal tersebut dengan isolasi kertas. Oleskan cat ke dalam rongga-rongga kosong di dalam mal tersebut. Anda bisa menggunakan cat semprot untuk pengerjaan yang lebih mudah dan hasil lebih merata.

3. Bantal-bantal “Tulisan”

Beberapa produk aksesori interior di pasaran sudah mulai mengadaptasi teknik tipografi ini ke dalam desainnya. Salah satunya, adalah produk bantal duduk. Toi Moi, contohnya, menerapkan tulisan-tulisan singkat, sederhana, namun disesuaikan dengan warna permukaan bantalnya. Misalnya saja, bantal bertuliskan “susu sapi” berwarna biru muda. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

Tip Penerapan

Sebelum Anda menerapkan rangkaian huruf ini ke dalam hunian Anda, beberapa hal berikut harus Anda perhatikan.

1.    Jika Anda mengutip kalimat inspiratif dari tokoh-tokoh besar dalam bahasa asing, ada baiknya Anda mengetahui artinya. Tak ingin rumah Anda dipenuhi oleh kata-kata yang malah bertolak belakang dengan karakter keluarga Anda, bukan?

2.    Perhatikan jarak antar satu huruf ke huruf lainnya, agar rangkaian huruf-huruf ini tetap enak dibaca.

3.    Padu padankan dengan bidang permukaan yang polos, karena rangkaian kalimat saja sudah membuat ruangan Anda cukup bulky (penuh). Hindari pemakaian di atas motif yang terlalu ramai dan berwarna terang.

4.    Pilih warna-warna terang untuk aksen dekoratif huruf tersebut, agar terlihat kontras dengan interior sekelilingnya.

 

Teks Candella Sardjito/Selvia Martiani, Nia Irawan

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Nia Irawan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×