Jangan Salah, Ini Ukuran Ideal Septic Tank!

  • Jumat, 15 Desember 2017 15:00 WIB

dok. victorianplumbing.co.uk | dok. victorianplumbing.co.uk

iDEAonline – Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam membuat tangki septik, mulai dari kemiringan pipa, kekuatan tangki, hingga ketinggian kloset terhadap septic tank.

Tetapi, tidak hanya hal-hal yang sifatnya teknis, beberapa faktor lain juga harus turut diperhatikan dalam membuat tangki septik, misalnya factor kebiasaan hingga faktor meteorologi.

Yang harus diperhatikan juga adalah ukuran ideal dan standard septic tank. Ya, semakin banyak penghuni rumah, semakin besar ukuran yang dibutuhkan. Dua di antaranya adalah:

1.  Ukuran septic tank untuk jumlah penghuni 4 orang

Untuk rumah tinggal dengan jumlah penghuni hingga 4 orang, cukup dibuat septic tank dengan ukuran 1,5 m X 1,5 m x 2 m. Sedangkan, bak resapan bisa dibuat dengan ukuran 1 m x 1 m x 2 m.

2.  Ukuran septic tank untuk jumlah penghuni 5 orang

Apabila rumah terdapat 5 penghuni, maka dibutuhkan paling tidak sebuah septic tank dengan volume ruang basah sebesar 1,2 m3, ruang lumpur 0,45 m3, dan ruang ambang batas bebas 0,4 m3.

Dimensi ukuran panjang, lebar, serta tingginya 1,6 m, 0,8 m, dan 1,6 m. Dengan ukuran ini, septic tank dapat bertahan sedikitnya selama 3 tahun tanpa perlu pengurasan.

Jika pemasangan tangki septik sudah sesuai regulasi sehingga sumber air dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari, banyak sisi positif yang akan didapat.

Selain kesehatan meningkat, secara ekonomi kita diuntungkan karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk sumber air bersih.

 

Penulis: Septian Tito

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Sabrina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×