Mengenal Layout Taman Agar Tampilannya Menarik

  • Rabu, 30 Agustus 2017 13:30 WIB

Mengenal Layout Taman Agar Tampilannya Menarik | Irfan Hidayat

Siapa yang tak mau punya taman yang cantik dan tertata rapi? Ya, area bagian luar rumah ini sejatinya berfungsi sebagai tempat penghijauan di rumah. Tak heran, memiliki taman yang punya kriteria di atas merupakan idaman seluruh pemilik rumah.

Pasalnya, selain berguna sebagai area penghijuan, taman dapat menjadi tempat Anda “melarikan diri” sejenak dari hingar bingar Ibukota. Tak hanya itu, taman juga dipercayai mampu mengurangi stres, menyejukan taman, bahkan sekedar tempat menenangkan pikiran. Sangat fungsional, ya!

Rumahguide - Untuk mewujudkan taman, terdapat 2 pilihan. Pertama, Anda bisa merancangnya sendiri tanpa bantuan jasa arsitek lansekap. Kedua, menggunakan bantuan jasa arsitek lansekap. Pastinya kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jika Anda ingin mencari kepuasan dan ingin mencoba menata taman sendiri, sebenarnya hal tersebut bisa dikatakan aktivitas yang tidak cukup sulit. Yang terpenting, Anda perlu mengetahui bagaimana teknik penataan layout yang baik.

Berbicara mengenai layout taman, ada 3 kategori besar kala Anda ingin merancang layout taman. Apa sajakah itu? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, artikel ini akan menjabarkannya.

Taman Terpusat

Dilihat dari nama saja bisa kita tarik kesimpulan bahwa taman ini dirancang memusat dengan bagian tengah adalah area yang paling menarik. Umumnya, bagian pusat terdapat tanaman yang berukuran paling tinggi atau sculpture, seperti air mancur dan patung.

Area paling pusat dapat diisi dengan tanaman peneduh,tanaman ornamen, atau sculpture. Setelah itu, di sekitarnya diberi tanaman pembatas atau tanaman semak. Selanjutnya, kedua jenis tanaman ini dikelilingi dengan tanaman pelantai (ground cover) seperti rumput. Bisa juga, setelah tanaman ground cover, Anda menempatakan tanaman pembatas yang diletakkan di area terpinggir dari taman.

Taman Menyebar

Taman dengan layout seperti ini dapat juga disebut dengan taman tak beraturan. Meski namanya tak beraturan, bukan berarti Anda sembarang menempatkan elemen-elemen taman di sana. Taman seperti ini umumnya memiliki beberapa spot menarik yang sengaja dirancang berbeda atau sama di setiap titiknya.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Nia Irawan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×