Sebelum Banjir Datang, Yuk Lakukan Hal Ini!

  • Kamis, 23 November 2017 14:30 WIB

Ilustrasi | dok. pexels.com

iDEAonline – Indonesia kini tengah memasuki musim hujan. Ya, di beberapa wilayah di Indonesia, musim hujan menjadi momok bagi sebagian orang. Ini dikarenakan banjir yang akan menerjang di sebagian kawasan.

Bagi iDEA Lovers yang tinggal di kawasan banjir, yuk lakukan hal ini sebelum banjir datang! 

1.  Cabut Kabel dari Kontaknya

Matikan listrik dan pastikan tidak ada kabel-kabel yang yang masih berseliweran di lantai apalagi masih dalam posisi tercolok di stop kontaknya.

Arus listrik (setrum) dapat menyebar kemana-mana saat air menggenang. Kalau ini terjadi, sangat fatal akibatnya. Korban jiwa bisa jatuh ketika ada orang melintas di aliran listriknya.

2.  Cabut Selang Tabung Gas

Selain listrik, tabung gas pun perlu mendapat perhatian khusus. Apabila hujan turun dan berpotensi banjir, segera cabut tabung gas dari selangnya, lalu tutup kepalanya dengan plastik tebal, ikat, dan amankan di tempat yang agak tinggi.

3.  Selamatkan Dokumen Penting

Dokumen-dokumen penting, seperti ijazah, akte kelahiran, surat tanah, dan lain-lain dimasukkan ke dalam satu tempat yang kedap air dan simpan dalam tas atau koper.

Lalu, bungkus dengan plastik untuk lebih memastikan aman jika terkena air. Satu yang penting juga diingat, walaupun sudah dirasa sangat terlindungi, jangan pernah menyimpan dokumen di dalam lemari, karena ada kemungkinan lemari rubuh saat air meninggi.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Sabrina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×