Yuk, Cari Tahu Ukuran Ideal Ventilasi Silang di Rumah

  • Jumat, 13 April 2018 16:30 WIB

dok. designtrends.com | dok. designtrends.com

iDEAonline – Idealnya, sebuah rumah memiliki ventilasi silang guna terjadi perputaran udara di dalam rumah agar tak panas dan pengap. Untuk membuat ventilasi silang ada ukuran idealnya, lho!

undefined
dok. bfcolympiad15.com
Ukuran bukaan untuk ventilasi silang yang ideal bergantung pada luas ruangan. Menurut arsitek Tiffa Nur Latiffa, Standar Nasional Indonesia mensyaratkan luas bukaan termasuk fungsi untuk memasukkan cahaya, adalah minimal 20 persen dari luas lantai ruangan.

undefined
dok. nzeb.in
"Khusus untuk lubang ventilasi di rumah tinggal seperti jendela, disyaratkan minimal 5 persen dari luas ruangan," ujar Tiffa.

"Sementara untuk bangunan kantor, pabrik, dan sebagainya adalah 10 persen dari luas ruangan," lanjutnya.

dok. hubstatic.com
Idealnya setiap ruangan di dalam rumah harus mengaplikasikan ventilasi silang agar selalu bersentuhan langsung dengan udara luar.

Sementara menurut arsitek Wijoyo Hendromartono, ventilasi silang sebaiknya dibuat bersilangan atas bawah atau menyerong kiri kanan.

undefined
dok. designtrends.com
Untuk persilangan atas bawah, sebaiknya lubang keluar udara berada di bagian atas karena udara panas bersifat lebih ringan.

Aliran angin juga dipengaruhi oleh hambatan yang berada di bagian tengah ruangan. Misalnya, semakin besar furnitur yang berdiri di antara ventilasi silang, maka semakin berkurang pula energi kinetik dan kecepatan angin.

undefined
dok. designtrends.com
Dengan demikian, hindari meletakkan benda-benda berukuran besar antara ventilasi silang yang dapat menghambat perputaran udara.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seperti Apa Ventilasi Silang yang Ideal?"

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Sabrina

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×