Agar Baja Ringan Tidak Berkarat, Hindari 4 Hal Ini

Oleh : Hamzah Al Rasyid
/ Selasa, 18 April 2017 Jika lapisan antikaratnya hilang, baja bisa berkarat. Ini yang perlu dihindari.
Mencegah Karat dengan 4 Cara

iDEAonline - Jika Anda menggunakan baja ringan pada rumah, pasti Anda tidak khawatir akan karat. Namun, bagaimana saat lapisan antikarat yang ada di baja tersebut tidak lagi ada di situ?

Berikut ini adalah hal-al yang dapat memicu karat. Agar baja ringan terhindar dari karat, cukup hindari 4 hal ini.

Tergores Alat Kerja

Ketika lapisan antikarat tergores, maka baja akan berhubungan langsung dengan oksigen. Akibat pertemuan zat tersebut akan terjadi reaksi kimia antara udara dengan baja yang menghasilkan karat.

Saat terjadi kerusakan akibat bekas sambungan yang terbuka atau pemotongan yang salah, secepat mungkin lakukan pelapisan ulang. Pelapisan ke permukaan baja ringan dengan menggunakan cat. Jangan lupa untuk mengurangi kesalahan pasang sehingga muncul banyak luka di permukaan baja.

Larutan Asam

Cairan bersifat asam sangat reaktif ketika bersentuhan dengan permukaan baja ringan. Coating atau lapisan antikarat dapat mengelupas dan menghasilkan karat. Larutan asam umumnya berada pada produk pembersih lantai dan keramik. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan tempat penyimpanan baja ringan yang jauh dari larutan tersebut.

Hujan dan Panas

Pada dasarnya, atap baja ringan bukanlah material untuk eksterior. Jadi tidak disarankan untuk terkena panas dan hujan terus menerus. Terpaan cuaca tersebut lambat laun akan mengurangi daya tahan lapisan antikarat pada baja. Akibatnya akan muncul korosi yang lebih cepat dari garansi yang diberikan.

Untuk itu, saat proses pemasangan, Anda sebaiknya menempatkan baja ringan dalam ruang tertutup yang terhindar dari sinar matahari dan hujan. Hindari pengerjaan di musim penghujan.

Air Semen

Hindari baja ringan dari adonan semen. Menempelnya air semen pada permukaan baja ringan akan menghasilkan reaksi kimia dan berpotensi merusak lapisan antikarat. Ini khususnya untuk jenis baja ringan dengan lapisan antikarat berjenis zinc (galvanis).

Saat tahap konstruksi berlangsung, lindungi baja ringan dari proses pengerjaan beton atau adonan semen. Hindari pula pengaplikasian adonan semen untuk karpus (genteng nok) langsung di atas rangka baja ringan. Buat lapisan kedap air sebagai pembatas.

Semoga bermanfaat!

Editor

Maulina Kadiranti

Artikel Terkait