Begini Cara Mengurangi Polusi Udara di Rumah

  • Jumat, 19 Januari 2018 16:00 WIB

Cara Mengurangi Polusi Udara di Rumah

iDEAonline - Cara mudah sudah dipersiapkan untuk mengurangi rumah dari polusi udara. Sebuah penelitian yang dilansir oleh perusahaan elektronik Sharp Corporation, menyebutkan bahwa indoor pollution itu lebih besar dibanding dengan outdoor pollution. Dalam penelitian ini disebutkan bahwa kematian yang diakibatkan oleh indoor pollution mencapai 2,8 juta/ tahun.

Lantas sebenarnya, apa saja yang menjadi sumber kuman di dalam rumah? Hal-hal berikut ini mungkin tak asing buat Anda. Sofa, karpet, bedcover, selimut, koleksi buku, bingkai dan aksesori, hewan piaraan, asap rokok (jika ada penghuni rumah yang merokok), bau sampah, dan bau toilet. Barang dan benda benda inilah yang menjadi sumber mikroorganisme jahat di dalam rumah dan akhirnya terjadi polusi udara.

Maka jelas bagi kita, bahwa menata rumah dan menyediakan sarana untuk tinggal di dalamnya harus dilakukan dengan cermat. Tak hanya sekadar bicara fungsi dan keindahan, namun juga keamanan dan kesehatan. Inilah beberapa cara mengurangi polusi udara di rumah.

1. Beri Ventilasi yang Cukup

Sebuah penelitian menyebutkan, sistem ventilasi di dalam rumah yang tidak memadai, akan meningkatkan polusi udara dalam rumah lima sampai sepuluh kali lipat dibanding polusi udara di luar rumah. Menyediakan ventilasi yang cukup sehingga udara dapat mengalir lancar adalah salah satu cara memperlancar pergantian udara di dalam rumah sehingga rumah selalu mendapat pasokan udara segar.

Baca juga: Agar Dapat Udara Segar, Tentukan Dulu Posisi Bukaan di Rumah

2. Menghadirkan Tanaman

Tanaman di dalam rumah cukup efektif mengurangi polusi udara di dalam ruang. Optimalkan ruang di dalam rumah untuk tetap dapat menghadirkan tanaman di dalamnya. Tak hanya berperan sebagai estetika, tanaman mempunyai kemampuan mempertahankan udara segar dan bersih di dalam rumah. Fungsi tanaman menyerap karbondioksida (CO2) dan karbonmonoksida (CO) yang terdapat dalam polutan berbahaya yang ada di lingkungan rumah. Tanaman juga memasok oksigen (O2) sehingga menciptakan udara yang segar di dalam ruangan.

Baca juga: Jangan Asal Rawat! Cara Menyiram Tentukan Umur Tanaman

3. Pakailah Penjernih Udara

Reporter : Sabrina Alisa
Editor : Sabrina Alisa

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×