Cara Jitu Menjaga Kendaraan Tetap Bersih Selama Dipakai Mudik

  • Senin, 5 Juni 2017 09:00 WIB

Cara Jitu Menjaga Kendaraan Tetap Bersih Selama Dipakai Mudik

iDEAonline - Sudah menjadi tradisi orang Indonesia untuk pulang ke kampung halaman ketika lebaran tiba. Hal ini dikenal dengan istilah mudik. Pada saat itulah merupakan kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

Biasanya, masyarakat akan menggunakan transportasi berupa kereta, pesawat, bus dan kapal laut untuk mudik. Namun, dengan alasan bisa bebas dan mudah, maka banyak juga orang yang memilih mudik dengan transportasi pribadi seperi mobil bahkan sepeda motor.

Jika Anda telah memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil untuk mudik tahun ini, tentu Anda mengharapkan mobil Anda selalu dalam keadaan bersih walaupun sudah melalui perjalanan yang panjang. Berikut cara jitu untuk menjaga kendaraan Anda tetap bersih.

Bersihkan terlebih dahulu

Mobil Anda sebaiknya dicuci bagian interior dan eksteriornya sebelum dipakai menempuh jarak yang cukup jauh. Ini menjadi sangat penting jika mobil Anda tidak hanya sekadar untuk berkendara, tetapi juga sebagai tempat penyimpanan barang-barang penghilang bosan selama di perjalanan seperti camilan, buku-buku dan mainan si kecil.

Simpan beberapa alat pembersih

Sebelum Anda memulai perjalanan mudik, pastikan Anda sudah memiliki barang-barang kebersihan untuk menjaga mobil tetap bersih dan rapi selama perjalanan. Anda bisa sediakan tempat sampah kecil untuk mengumpulkan sampah sisa makanan camilan Anda. Sediakan pula tisu desinfektan dan tisu basah untuk membersihkan tumpahan dan menyeka tangan yang lengket akibat makanan.

Beri batasan

Sangat tidak mungkin untuk melarang adanya makanan di dalam mobil, apalagi jika Anda memiliki banyak anak kecil. Sekalipun Anda membawa tisu basah, bukan berarti hal ini bisa menghilangkan noda yang tanpa sengaja jatuh ke jok mobil. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah beri batasan kepada anak Anda makanan dan minuman apa saja yang boleh dibawa selama mudik. Hindari makanan yang memerlukan sambal dan tambahan bumbu.

Buang segala "kekacauan"

Sumber : realsimple.com

Reporter : Sabrina Alisa
Editor : Sabrina Alisa

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×