Ingin Menambah Mezanin di Rumah? Kamu Perlu Lihat yang Ini!

  • Kamis, 19 Oktober 2017 09:55 WIB

Tips Bagi Anda yang ingin Membuat Ruang Mezanin | Foto oleh idesignarch.com

iDEAonline - Menambah ruang secara vertikal dengan konsep mezanin dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki ruang terbatas. Nah, bila Anda ingin membangun ruang mezanin secara vertikal, perhatikan hal-hal berikut.

1. Perhatikan tinggi dari lantai sampai plafon, minimal 5 meter. Supaya ruangan tersebut cukup ergonomis bagi orang yang beraktivitas di dalamnya, sesuai tinggi badan rata-rata masyarakat Indonesia. Selain itu, harus diperhitungkan juga ketebalan struktur lantai untuk ruangan atas.

2. Perhatikan kenyamanan dan keamanan pengguna ruangan. Misalnya pada ruang baca ini, desain plafon di buat terbuka. Benda-benda di atas plafon itu secara psikologis mungkin dapat membuat pengguna ruangan merasa takut kepalanya terbentur. Maka dibuat anyaman kawat yang menjadi pemisah antara plafon dengan ruang baca. Pengguna ruangan pun lebih dapat memperkirakan ketinggian plafon itu dengan mudah.

3. Disarankan untuk menggunakan indirect lighting pada ruangan-ruangan vertikal ini. Jangan menggunakan pencahayaan langsung, karena dapat membuat ruangan terlalu terang dan tidak nyaman.

4. Ruangan atas jangan difungsikan dengan hal-hal yang terlalu berat. Tergantung kekuatan struktur material pembentuk ruangan tersebut.

5. Pastikan struktur lantai bawah yang menopang ruang vertikal ini cukup kuat, sehingga keamanan pun lebih terjamin.

6. Jika diterapkan di rumah yang memiliki anak kecil, ada baiknya Anda memberikan railingpada tangga akses ke atas, agar lebih aman.

 

 

Teks Irfan Hidayat, Nia Irawan

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Nia Irawan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×