Ini 6 Langkah Penting Bersihkan Dapur!

  • Selasa, 29 November 2016 11:00 WIB

Ini 6 Langkah Penting Bersihkan Dapur

iDEAonline.co.id - Ini langkah penting dalam membersihkan dapur. Wilayah ibu yang satu ini memang sangat penting. Selain untuk memasak dan mengolah makanan, dapur juga bisa digunakan untuk bercengkrama bersama keluarga. Selain itu, bagi yang memiliki lahan rumah mungil, dapur biasa menyatu dengan ruang yang lain. Tidak jarang juga dapur menyatu dengan ruang keluarga.

Karena di dalam dapur seluruh makanan untuk seluruh anggota keluarga diproses, sangat penting untuk menjaga dapur agar tetap bersih dan jauh dari sumber penyakit. Agar kesehatan Anda dan keluarga makin terjamin ikuti 6 langkah membersihkan dapur berikut ini. Dijamin, gampang!

1. Bersihkan lemari es. Keluarkan seisi kulas lalu bersihkan dinding lemari es dengan spons basah dan lap hingga kering. Apabila lemari es Anda terlalu padat keluarkan makanan dan buang yang sudah tidak layak makan.

2. Atur pengelolaan sampah dapur. Selubungkan wadah pembuangan sampah dengan plastik. Pastikan menutup hingga bibir tempat sampah. Selain tempat sampah menjadi bersih, sampah-sampah dapur juga lebih mudah dibuang ke luar rumah. Namun, pastikan plastik yang digunakan tidak berlubang. Bila tempat sampah penuh segera bungkus lalu buang. Kemudian, langsung ganti dengan plastik yang baru. Bila tempat sampah mulai kotor, segera cuci agar tidak ada kuman yang berkembang.

3. Bersihkan karat pada peralatan dapur dengan lemon. Karat pada peralatan dapur yang bercampur dengan makanan dapat menimbulkan penyakit. Untuk itu pastikan peralatan dapur Anda bersih dari karat. Campurkan jus lemon dan garam. Aduk campuran hingga berbentuk seperti pasta gigi lalu gosok dengan lebut pada bagian peralatan dapur yang berkarat atau yang mulai menguning. Terakhir bilas dengan air.

4. Gunakan koran bekas untuk membersihkan cipratan minyak. Ambil selembar koran bekas, remas hingga berbentuk bola. Kemudian sapukan pada dinding yang terciprat minyak.

5. Tutup lubang tikus (bila ada). Tutup lubang tikus dengan menyumpalkan sabut cuci piring atau steel wool yang berbahan stainless steel. Pastikan Anda menutup lubang dengan rapat dan cukup kuat agar tikus tidak dapat menerobos lubang.

6. Ciptakan Wewangian pada dapur. Bersih saja tidak cukup untuk menciptakan dapur yang sehat. Ciptakan wewangian segar agar dapur Anda makin terasa bersih dan sehat. Rebus air jeruk lemon campurkan dengan beberapa cengkih secukupnya hingga mendidih. Didihan dari rebusan tadi akan menyeruakkan aroma fresh ke seantero dapur Anda.

Foto: www.venusbuzz.com

Sumber: dari berbagai sumber

Reporter : Devi F. Yuliwardhani
Editor : Devi F. Yuliwardhani

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×