Ini Dia Cara Mengusir Tungau si Penyebab Alergi di Rumah!

  • Jumat, 13 April 2018 12:00 WIB

Foto oleh Reader's Digest | Foto oleh Reader's Digest

Editor Maulina Kadiranti

iDEAonline – Tahukah Anda bahwa 1 dari 3 penduduk suatu negara memiliki alergi? Data dari badan kesehatan dunia WHO ini juga menyebutkan 60 persen alergi timbul pada usia pertama anak-anak, yaitu dimulai saat kelahiran hingga remaja.

undefined
Foto: Reader's Digest
Tungau merupakan pemicu utama berbagai macam alergi. Ini karena ia mengeluarkan enzim protease bersamaan dengan kotoran yang mengganggu kesehatan manusia. Keberadaannya sangat susah dideteksi karena berukuran sangat kecil. yaitu 0,2-0,3mm.

Pada saat tidur, manusia akan mengeluarkan keringat, minyak, dan sel kulit mati lebih banyak sehingga tungau senang hidup di kasur. Usahakan bersihkan sofa, karpet, dan kasur Anda minimal 2 minggu sekali.

undefined
dok. decoist.com
Angkat semua sprei, sarung bantal, dan guling, kemudian cuci dengan menggunakan air panas yang telah dicampur deterjen. Bila kasur, sofa dan karpet Anda sudah sangat kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru, karena tungau telah berkembang sangat banyak di tempat tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah temperatur ruang. Segala jenis hewan parasit menyukai tempat yang lembap.

undefined
Foto: instagram.com/rumah.santai/
Jangan lupa iDEA lovers, perhatikan ventilasi rumah agar udara dapat bertukar dan cahaya matahari bisa masuk dengan optimal. Panas matahari akan menekan perkembangbiakan tungau.

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Bayu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×