Ini Dia Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Banjir!

Oleh : Devi F. Yuliwardhani
/ Jumat, 17 Februari 2017 Banjir Brebes yang baru saja terjadi mengingatkan kembali akan bahaya banjir yang mengintai kita. Apa yang harus dipersiapkan saat banjir?
Ini Dia Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Banjir

iDEAonline.co.id - Hingga Jumat (17/02/2017), ada tujuh desa di Kecamatan Brebes dan Jatibarang yang masih terendam banjir. Seperti dikutip Kompas.com, banjir yang terjadi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akibat jebolnya tanggul Sungai Pemali dan membuat hampir 5 ribu warga mengungsi.

Bulan-bulan di awal tahun, bagi sebagian orang merupakan saatnya mewaspadai bahaya banjir. Musim hujan , ditambah masih kurang maksimalnya fungsi saluran air, membuat kedatangan banjir seolah terprediksi.

Untuk memperkecil resiko terancamnya nyawa saat banjir, catat hal apa saja yang harus dilakukan di saat banjir. Lakukan berbagai pencegahan berikut ini.

Sebelum banjir:

1. Siapkan emergency kit berisi air minum makanan kering, radio bertenaga baterai dan senter.

2. Buat rencana komunikasi untuk memastikan sekeluarga tetap terhubung bahkan saat keluarga tidak bersama.

3. Jika tinggal di daerah banjir tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli asuransi rumah yang mencakup banjir.

Selama banjir:

1. Mulai mematikan listrik yang mengalir ke stop kontak yang terletak di bagian bawah. Sebaiknya terminal untuk stopkontak memang disiapkan terpisah dengan lampu.

2. Membungkus dokumen dengan lapisan yang kedap air seperti plastik kontainer yang ditutup rapat dengan selotip dan plastik pembungkus lain.

3. Seringkali air mulai masuk dari lubang-lubang drainase. Saat ancaman banjir datang, tutup lubang air dengan buntalan plastik agar debit air yang masuk rumah tak tinggi.

4. Waspadai binatang melata seperti ular, biawak, dan serangga yang masuk ke dalam rumah. Tutup lubang-lubang yang terbuka, karena binatang bisa bersarang di sana saat banjir surut.

5. Koordinasi dengan aparat lingkungan. Pastikan ketahui jalur evakuasi dan logistik.

Dengan mempersiapkan beberapa hal sebelum dan saat banjir, nyawa dan harta pun dapat diselamatkan.   Stay safe!

Sumber :

Editor

Devi F. Yuliwardhani

Artikel Terkait