Ini Dia Trik Mencuci Baju Agar Bersih Maksimal!

  • Senin, 9 April 2018 11:00 WIB

Foto: pixabay.com | Foto: pixabay.com

iDEAonline - Pisahkan pakaian yang memiliki tingkat kekotoran lebih tinggi. Baju dengan noda lumpur atau tanah jika digabungkan pencuciannya dengan baju kotor biasa justru akan mengkontaminasi baju lainnya.

undefined
Foto: thinkstockphotos.co.uk
Pilah kembali baju antara baju dalam dan baju luar. Biasakan untuk mencucinya secara terpisah. Disamping karena baju dalam lebih pribadi, tingkat kekotorannya pun berbeda.

Biasakan untuk memisahkan pakaian yang baru Anda beli dengan pakaian lama. Meskipun tidak luntur, ada baiknya Anda mencucinya secara terpisah dahulu. Memastikan baju benar-benar tidak luntur. 

Untuk baju second yang baru saja Anda beli baiknya dicuci menggunakan air hangat. Bilas hingga beberapa kali dan ulangi proses pencucian minimal 3x. Hal ini dimaksudkan agar bakteri yang tertempel pada pakaian mati.

undefined
dok. mtv.fi
Jangan membiasakan untuk memeras pakaian berbahan kaos. Usai dicuci cukup kibas-kibaskan saja dan jemur. Bahan kaos mudah melar, dikhawatirkan tekstur kaos akan berubah jika diperas.

Untuk pakaian yang memang berbahan khusus dan mudah rusak akan lebih baik jika menggunakan jasa laundry yang memang lebih paham cara pencuciannya.

Jangan membiasakan untuk menunda-nunda membersihkan pakaian yang terkena noda. Semakin lama noda dibiarkan menempel maka akan semakin sulit hilang.

Baca dengan cermat ketentuan-ketentuan pencucian dan penyetrikaan yang biasanya tertera dibalik label harga dan kerah baju. Ikuti petunjuk dengan baik maka pakaian Anda akan lebih awet.

Berhati-hati dengan produk penghilang noda. Beberapa diantaranya dapat meluruhkan warna pakaian. Jadi tes terlebih dahulu produk penghilang noda Anda dengan mencobanya pada bidang kecil pada pakaian.

Selamat mencuci!

Reporter : Redaksi IdeaOnline
Editor : Bayu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×