Innercourt Terang dengan Atap Kaca

Oleh : Devi F. Yuliwardhani
/ Selasa, 21 Juni 2011 Ingin membuat ruang di tengah rumah jadi sejuk? Buatlah innercourt, dan gunakan atap kaca untuk membuat ruang tetap terang
Innercourt Terang dengan Atap Kaca

Kenyamanan di dalam rumah tak hanya terasa saat ruang terasa lega. Aliran udara yang mengalir, dan ruang-ruang yang terang bisa jadi solusi kenyamanan. Untuk yang terlanjur memiliki rumah tanpa innercourt, bisa kok membuat innercourt dengan ukuran relatif sempit panjang 3m dan dengan lebar cukup 1m. Modifikasi saja atap di rumah dengan memodifikasi rangka atap dan mengganti penutup atap genteng dengan atap kaca. Jangan lupa, tetap sisakan lubang untuk pertukaran udara dari dalam ke luar ruangan.

Atap kaca bisa Anda buat dengan rangka baja yang menempel pada dinding. Kaca yang ideal untuk digunakan adalah kaca tempered dengan ketebalan 8mm untuk mencegah keretakan akibat muai-susut struktur rangka baja.

Agar semakin sejuk, innercourt bisa dilengkapi dengan olahan air terjun. Kombinasi udara yang mengalir, cahaya yang terang, dan "angin mikro" yang ditimbulkan oleh jatuhnya air bisa menambah kenyamanan di dalam innercourt. Kini, innercourt bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai.

Foto: iDEA/Indra Zaka Permana

Sumber :

Editor

Devi F. Yuliwardhani

TAGS

Artikel Terkait