Jangan Asal Bersih, Inilah Cara Membersihkan Jamur Yang Perlu Diketahui

Oleh : Devi F. Yuliwardhani
/ Senin, 17 April 2017 Ruangan yang lembap adalah kondisi utama yang menyebabkan jamur bisa tumbuh. Lakukan lima tips berikut ini, jamur jadi hanya cerita lama.
Hal yang perlu kamu ketahui sebelum membersihkan jamur

iDEAonline - Di mana ada kelembapan, di situ ada jalan bagi  jamur untuk tumbuh. Jadi jangan khawatir bila Anda melihat bintik-bintik berbulu putih atau kehijauan-hitam bermunculan di sekitar wastafel kamar mandi Anda. Cara termudah mencegah pengerumunan adalah dengan membersihkan dan keringkan permukaan. Berikut adalah tips kami tentang bagaimana cara membersihkannya dengan benar.

1.  Perhatikan ukurannya. Bersihkan area berjamur kurang dari 10 meter persegi. Jika daerah yang terkena lebih besar, sebaiknya ditangani oleh profesional. Jamur dengan  jumlah besar bisa menjadi racun bagi kesehatan Anda.

2.  Temukan sumber air. Perbaiki kebocoran air atau apapun yang dapat menjadi sumber kelembapan.  Jika uap yang menyebabkan kelembapan, ingatlah untuk menggunakan kipas kamar mandi dan dapur atau membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi.

3.  Gosok jamur dari permukaan keras. Pada permukaan seperti genteng atau marmer, jamur dapat dengan mudah dibersihkan dengan campuran ½ cangkir pemutih, satu liter air, dan deterjen. Jika jamur tetap, ulangi kembali, tapi biarkan campuran pembersih meresap ke dalam jamur selama sekitar lima menit sebelum menggosok lagi.

4.  Membersihkan jamur dari material yang mudah menyerap. Jamur dapat tumbuh di sudut dan celah dari permukaan berpori atau berspon seperti karpet. Dalam kasus terburuk di mana ada sejumlah besar jamur yang tumbuh di atas karpet, Anda harus membersihkannya secara keseluruhan. Namun, jika handuk dan pakaian yang terkena, pertama rendam dalam air dengan pemutih-semua kain selama setengah jam. Kemudian, bilas dan cuci kembali melalui mesin cuci dan pengering seperti biasa.

5.  Membersihkan pada kayu. Bau busuk dapat tercium pada mebel kayu yang ditumbuhi jamur. Gunakan vakum dengan alat sikat, lalu sedot setiap sporanya. Jika selesai, tunda dulu pekerjaan membuang tas kotoran vakum dan membersihkan alat. Hapus noda jamur  secara hati-hati dengan kain basah yang direndam dalam deterjen piring dan air hangat.

Sumber:  stylelist

Foto :bedroom

Editor

Devi F. Yuliwardhani

Artikel Terkait