Jangan Salah Pilih Roller Saat Mengecat Dinding

  • Rabu, 31 Mei 2017 09:00 WIB

Bahan baku roller juga mempengaruhi hasil pengecatan. | shorewest.com

iDEAonline – Hasil pengecatan tidak saja ditentukan oleh kualitas cat. Alat untuk mengecat pun berperan penting.

Untuk mengecat dinding dan bidang-bodang lebar, roller merupakan pilihan yang ideal.

Namun, banyaknya pilihan roller cat di pasaran tentu membuat Anda bingung.

Berikut kiat memilih roller agar hasil pengecatan memuaskan.

• Anda mesti mencermati daya serap bahan dan karakteristik brush mark yang dihasilkan oleh bulu roller. Misalkan bulu berbahan polyester memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding dengan bahan lain. Bahan ini cenderung lebih banyak memercikkan cat, serat mudah lepas dan tertinggal di cat.

• Untuk roller bulu domba (wool). Bahan mampu menyerap cat lebih banyak, jarang meninggalkan bekas, dan tidak banyak memercikkan cat.

• Anda dapat menyesuaikan ukuran dan bahan dasar roller dengan jenis pekerjaan yang diinginkan. Ketebalan serat/bulu tergantung pada kondisi permukaan, jenis cat, dan tampilan hasil yang diinginkan.

• Untuk hasil cat yang mengilap (glossy), Anda dapat menggunakan roller yang tipis, berbahan dasar spons dan biasanya setebal ¼ inci. Sedangkan roller dengan ketebalan 3/8-1 inci digunakan untuk cat di dinding yang kurang rata, misalnya dinding interior, beton, dan dinding bertekstur pasir atau kulit jeruk.

• Pilihlah roller dengan pengigit roller tube berupa 3-5 batang kawat dari ujung ke ujung. Batang-batang kawat ini dapat menahan roller dengan baik, mendukung putaran, dan tahan lama.

• Jangan memakai pegangan roller yang berkualitas buruk, yang menggunakan sekrup untuk menahan roller. Jenis ini akan mudah rusak dan menimbulkan brush mark yang kurang rapi pada dinding yang Anda cat.

Nah, setelah mengetahui tips memilih roller cat, semoga hasil pengecatan Anda semakin sempurna!

Reporter : Fredi/Lukkie
Editor : Maulina Kadiranti

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×