Lakukan Ini untuk Mengurangi Panas dalam Rumah

  • Jumat, 24 Maret 2017 11:15 WIB

Mengurangi panas dalam rumah penting untuk mendapatkan kenyamanan | Dok. Stana Darmawangsa

iDEAonline.co.id - Iklim tropis salah satunya dicirikan dengan suhu udara yang lebih tinggi dibandingkan iklim di wilayah non-tropis. Ini pasti jadi catatan kala Anda membangun rumah di kawasan dataran rendah.

Mengurangi panas, itulah yang  mesti dipertimbangkan masak-masak saat merancang bangunan. Inilah yang juga menjadi inspirasi bagi arsitek Mint-DS saat merancang unit-unit rumah Stana Darmawangsa yang terletak di Nusa Dua, Bali.

Karena terletak di daerah pantai dengan cuaca yang cukup panas, unit-unit Stana Darmawangsa sengaja didesain terbuka. Ruang-ruangnya harus dipastikan nyaman dan terbebas dari sumpek dan panas.

Ini yang dilakukan arsitek ini untuk mengurangi panas!

Bukaan lebar di dinding.

Bukaan pada ruang keluarga di Stana Darmawangsa cukup lebar karena memanfaatkan satu area dinding. Area tersebut dilengkapi pintu kaca yang dapat dibuka sewaktu-waktu penghuni rumah membutuhkan udara segar.

Pintu geser hemat ruang.

Selain sebagai siasat mengurangi panas, pintu geser kaca juga dapat menghemat ruang. Bukaan ke samping membuat pintu ini tidak banyak memakan tempat di area dalam maupun luar. Ruang yang lega tentu akan tambah nyaman sekaligus menghilangkan kesan sumpek.

Kolam renang sebagai penyejuk.

Di balik pintu kaca, terdapat kolam renang yang tampak menyatu sebagai interior rumah. Keberadaan kolam ini tidak semata-mata sebagai area rekreasi penghuni. Lebih dari itu, kolam renang di tengah massa bangunan mampu menurunkan suhu di sekitar rumah sehingga udara jadi lebih sejuk.

Perbanyak tanaman.

Seperti yang ada di Stana Darmawangsa, keberadaan tanaman ini akan memperbanyak oksigen sehingga udara yang masuk jadi lebih sejuk. Tanaman rambat yang lebat pun dapat berfungsi sebagai sun shading atau penghalau sinar matahari, sekaligus memperindah eksterior bangunan.

Reporter : Nuriyah Amalia
Editor : Fransisca Wungu

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×