Tips Ganti Keramik Kamar Mandi Tanpa Membongkar

Oleh : Hamzah Al Rasyid
/ Sabtu, 1 Juli 2017 Semen perekat keramik kini banyak tersedia di toko bangunan. Langkah yang tepat membuat pekerjaan mengganti keramik kamar mandi semakin cepat.
Tips Ganti Keramik Kamar Mandi Tanpa Membongkar

iDEAonline - Kamar mandi adalah ruangan yang butuh banyak perawatan. Tapi perawatan yang cukup pun kadang-kadang tetap membuat keramik kotor.

Ini bisa jadi karena kualitas keramik yang tidak memenuhi standar (misalkan karena anti noda yang mudah terkelupas, atau karena kualitas bahan baku keramik yang jelek sehingga mudah berubah warna).Satu-satunya solusi yaitu mengganti keramik.

Mengganti, sebuah kata yang terasa kompleks bila mengingat pembongkaran dan kotornya kamar mandi akibat bongkaran.

Tapi Anda kini tak perlu pusing! Semen perekat keramik di atas keramik kini semakin banyak tersedia.  Anda hanya perlu mengikuti beberapa pedoman yang harus diperhatikan, agar  hasil pekerjaan bisa memuaskan.

Hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Bersihkan keramik lama hingga tak  ada debu yang menempel. Debu bisa membuat berkurangnya kerekatan semen perekat keramik.

2. Perhatikan tahapan pemasangan keramik baru. Mulailah dari sisi terdalam, sehingga keramik tidak terinjak saat baru dipasang.

3. Gunakan alat bantu yang memperjelas posisi pemasangan. Alat bantu bisa menggunakan batang kayu yang lurus, atau bisa dengan benang yang diikat ke paku yang tertancap di dua sisi ujung lantai.

4. Jangan terburu-buru. Fokuslah pada kerataan dan ketepatan bentuk lantai. Pemasangan satu keramik untuk pemula bisa menghabiskan waktu sekitar satu menit hingga dua menit.

 

Foto: soungwiser

Editor

Maulina Kadiranti

Artikel Terkait