Usir Lembap di Kamar Mandi dengan Empat Cara Jitu

  • Selasa, 10 Oktober 2017 16:00 WIB

Usir Lembap di Kamar Mandi dengan Empat Cara Jitu | dok. ikea.com

iDEAonline – Beberapa lokasi di rumah memiliki kemungkinan menjadi penyebab kelembapan. Salah satunya adalah kamar mandi.

Kelembapan yang terjadi di kamar mandi sering dianggap sebagai hal biasa, mengingat kondisi ruangan ini yang selalu dipenuhi air dan posisinya yang di tengah-tengah rumah, dikelilingi tembok tanpa adanya jendela.

Jika kelembapan ini dibiarkan terus-menerus, tidak hanya berisiko merusak perlengkapan mandi, tetapi juga berisiko menjadi tempat berkembangbiaknya kuman, bakteri, dan jamur yang menjadi sumber penyakit.

Untuk itu, segera usir kelembapan di kamar mandi Anda. Guna mengusirnya, ikuti 4 cara jitu di bawah ini.

1.  Memasang exhaust fan dan jalusi.

Karena tidak ada ventilasi udara yang baik di kamar mandi, maka cara yang bisa Anda lakukan adalah memasang exhaust fan di plafon.

Exhaust fan merupakan kipas elektronik yang dirancang untuk mengeluarkan udara dari dalam ruangan. Selanjutnya, pasang jalusi pada pintu yang berseberangan dengan exhaust fan agar udara dapat masuk ke jalusi kemudian keluar melalui exhaust fan.

2.  Memanfaatkan buangan AC.

Cara efisien lain yang bisa Anda lakukan agar kamar mandi terbebas dari lembap adalah memanfaatkan udara sisa yang keluar dari perangkat AC. Hal ini bisa dilakukan bila kamar mandi Anda bersebelahan dengan ruangan yang menggunakan AC.

Pasang cerobong di kamar mandi, kemudian di salah satu sisi cerobong letakkan blower AC, sedangkan sisi seberangnya diberi lubang ventilasi. Saat AC tidak dinyalakan, lubang tersebut berguna untuk mengalirkan udara ke dalam kamar mandi.

Reporter : Sabrina Alisa
Editor : Sabrina Alisa

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×