Follow Us

Daun Kelor Dipercaya Dapat Melunturkan Guna-guna Hingga Ilmu Hitam, Begini Penjelasan dan Manfaatnya!

iDea Online - Minggu, 30 Desember 2018 | 16:00
Daun Kelor Dipercaya Dapat Melunturkan Guna-guna Hingga Ilmu Hitam, Begini Penjelasan dan Manfaatnya!

IDEAonline - Daun kelor, pasti Anda pernah mendengarnya. Apalagi tanaman ini juga menjadi bahan ungkapan yang sangat terkenal 'dunia tak selebar daun kelor' begitu bunyinya.

Tapi tahukah Anda bahwa daun kelor ini memiliki khasiat yang luar biasa?

Sesungguhnya tanaman bernama latin Moringa oleifera ini tergolong tanaman tahunan yang biasanya tumbuh liar.

Baca Juga : Bagai Rollercoaster, Lift Tercepat di Dunia Ini Mampu Melesat HIngga 20,5 Meter Per Detik!

Tumbuhan ini diduga asli dari kawasan barat pegunungan Himalaya dan India, kemudian menyebar hingga ke Benua Afrika dan Asia-Barat.

Di Jawa, kelor biasa dijumpai tumbuh sampai pada ketinggian 300 m di atas permukaan laut. Ia sanggup tumbuh dengan baik di kawasan tropik yang lembap juga di daerah panas. Bahkan, tanah kering-kerontang sekalipun tak ditampiknya.

Karena tidak rakus "makan" pupuk (unsur hara), kelor cocok sebagai tanaman "pioner" untuk penghijauan dan pemulihan tanah gersang. Di lahan kebun, tanaman kelor biasa digunakan sebagai pagar hidup.

Baca Juga : Berencana Liburan Akhir Tahun? Kunjungi 5 Kafe dengan Interior Terbaik di Dunia

Sosok batang pokoknya tidak lurus betul, melainkan sedikit membengkok dan bercabang-cabang justru bermanfaat sebagai pohon pendukung untuk tanaman merambat, seperti sirih atau lada.

Tanaman multiguna

Meskipun tidak terkenal, tanaman kelor masih menyimpan pamor di kalangan tertentu. Hampir setiap bagian dari tanaman itu dapat dimanfaatkan, termasuk akarnya.

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest