Follow Us

Helsinki Central Library Oodi, Perpustakaan Unggulan Negara Finlandia dengan Ruang Baca Terbuka yang Besar

Rebi - Jumat, 11 Januari 2019 | 10:37
Helsinki Central Library Oodi
Tuomas Uusheimo

Helsinki Central Library Oodi

IDEAonline - Helsinki Central Library Oodi, yang dirancang oleh ALA Architects, dilengkapi dengan ruang baca terbuka yang besar di bawah atap bergelombang dengan skylight melingkar.

Desain studio Finlandia ALA Architects 'untuk perpustakaan unggulan negara itu, yang berdiri di seberang Parlemen Finlandia, bertujuan untuk "merangkul teknologi dan nilai-nilai progresif untuk menyediakan berbagai layanan inovatif di samping koleksi buku pinjamannya."

Faktanya, bangunan seluas 17.250 meter persegi ini berisi sejumlah kecil buku dengan mayoritas ruang yang didedikasikan untuk fasilitas publik termasuk bioskop, studio rekaman, ruang pembuat, dan area untuk mengadakan pameran dan acara.

Fasilitas yang ada di lingkungan Pasila tetap menjadi fasilitas pinjaman utama Helsinki dan pusat administrasi untuk perpustakaan kota.

Helsinki Central Library Oodi
Tuomas Uusheimo

Helsinki Central Library Oodi

Baca Juga : Dalam Waktu 7 Hari, China Berhasil Membangun Perpustakaan Sekolah, Begini Tampilannya!

Bangunan baru itu malah menggunakan layanan online dan robot pemilah buku untuk menawarkan pengguna akses ke hampir 3,4 juta buku.

Perpustakaan senilai € 98 juta (£ 88 juta), yang disebut Oodi setelah kata Finlandia untuk "ode", menempati salah satu situs terakhir yang belum dikembangkan di Helsinki pusat.

Lokasinya yang menghadap Parlemen Finlandia dimaksudkan untuk melambangkan hubungan antara pemerintah dan warga negara.

Oodi terletak di Distrik Kebudayaan Helsinki, yang juga memiliki museum seni terdekat yang menampilkan galeri bawah tanah dengan atap kaca miring yang menonjol dari permukaan halaman publik.

Situs yang panjang dan sempit yang diperuntukkan bagi perpustakaan baru ini menghadirkan beberapa tantangan teknis, termasuk kebutuhan untuk mempertimbangkan pembangunan terowongan di bawah gedung.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest