Follow Us

Bangun Terminal 3 di Bandara Tan Son Nhat, Vietnam Kucurkan Rp 6,9 Triliun

iDea Online - Selasa, 22 Januari 2019 | 11:00
Bangun Terminal 3 di Bandara Tan Son Nhat, Vietnam Kucurkan Rp 6,9 Triliun

IDEAonline - Airports Corporation of Vietnam (ACV) sebagai pengelola Bandara Internasional Tan Son Nhat, Vietnam, membangun Terminal 3 (T3) beserta berbagai fasilitasnya dengan biaya lebih dari 496 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,9 triliun.

ACV telah menyerahkan laporan pra-kelayakan kepada Kementerian Transportasi tentang pembangunan T3 di bandara yang lokasinya berada di Kota Ho Chi Minh tersebut.

Terminal itu dirancang berkapasitas 20 juta penumpang per tahun, dengan total luas sekitar 100.000 meter persegi.

Baca Juga : Arumi Bachsin Pernah Dikabarkan Dibawa Kabur Miller Khan, Kini Begini Potret Kehidupannya Bersama Bupati Trenggalek!

ACV merencanakan dapat membangun secara bersamaan apron tambahan, dua jalur overhead, jembatan lima jalur di depan terminal, dan area parkir mobil bertingkat.

Menurut rencana, laporan kelayakan dan penentuan blueprint konstruksi bandara akan diselesaikan pada Februari 2020.

Setelah desain T3 telah disetujui, kontraktor akan dipilih melalui proses tender sehingga konstruksi bisa dimulai pada kuartal ketiga 2020 dan dapat diselesaikan pada kuartal kedua 2022.

Baca Juga : Arumi Bachsin Sering Dikasih Makanan oleh Tetangga, Netizen Salah Fokus dengan Perabot di Dapurnya yang Lusuh

Oleh karena area konstruksi itu terletak di tanah milik Kementerian Pertahanan, ACV mengusulkan agar dilakukan penyerahan sementara lokasi konstruksi pada kuartal pertama tahun depan sembari penyelesaian prosedur hukum yang diperlukan.

Selain pembangunan T3, pengelola Bandara Tan Son Nhat juga berencana memperluas Terminal 1 dan Terminal 2 untuk meningkatkan kapasitas secara keseluruhan menjadi 30 juta penumpang per tahun.

Saat ini bandara tersebut menangani 36 juta penumpang per tahun, jauh di atas kapasitas yang dirancang sebanyak 25 juta penumpang.

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest