Follow Us

Keren! Jembatan Beton 3D Terpanjang di Dunia Dibuat di Tiongkok

Rebi - Jumat, 08 Februari 2019 | 16:40
Jembatan Beton 3D
JCDA

Jembatan Beton 3D

IDEAonline - Sebuah tim yang dipimpin oleh profesor Xu Weiguo dari Sekolah Arsitektur Universitas Tsinghua, Beijing mencetak 3D jembatan beton sepanjang 26,3 meter.

Mereka mengklaim bahwa jembatan beton tersebut sebagai yang terpanjang di dunia.

Jembatan penyeberangan selebar 3,6 meter, yang membentang sebuah kanal di Distrik Baoshan Shanghai, dipasang awal tahun ini.

Jembatan ioni dirancang oleh Tsinghua University School of Architecture's Zoina Land Joint Research Center for Digital Architecture (JCDA), dan dibangun oleh Shanghai Wisdom Bay Investment Management Company.

Menurut JCDA, bentuk melengkung jembatan terinspirasi oleh Jembatan Anji yang berusia 1.400 tahun di Zhaoxian, yang merupakan jembatan tertua yang berdiri di Tiongkok.

Baca Juga : 8 Inspirasi Desain Ruang Kerja di Rumah, Cocok untuk Generasi Milenial

Meskipun bentuknya terinspirasi jembatan kuno, JCDA percaya bahwa jembatan menandai langkah menuju teknologi yang muncul digunakan lebih teratur pada proyek-proyek rekayasa dunia nyata.

"Penyelesaian jembatan penyeberangan menandai langkah yang memuaskan untuk teknologi ini dari penelitian dan pengembangan hingga aplikasi rekayasa praktis," kata JCDA.

"Pada saat yang sama, itu menandai masuknya teknologi cetak dan konstruksi beton 3D Tiongkok ke tingkat lanjut dunia," lanjut JCDA.

Jembatan lengkung tunggal dibangun dari 176 unit beton yang dicetak menggunakan dua sistem pencetakan robotic-arm 3D. Semua komponen dicetak dalam waktu 450 jam.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest